Kesehatan

Rutin Minum Teh Hijau Bisa Mencegah Stroke, Benarkah?

Senin, 24 Februari 2020 - 06:24 | 202.56k
Ilustrasi - Minum teh hijau (FOTO: zeenews)
Ilustrasi - Minum teh hijau (FOTO: zeenews)

TIMESINDONESIA, JAKARTATeh hijau adalah sumber antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang kuat. Minuman dengan rasa pahit yang khas ini juga punya kandungan catechin dan asam galat yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan, teh hijau dipercaya bisa mencegah stroke atau menurunkan risiko terkena stroke.

Penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau secara rutin dan teratur memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30–60% lebih rendah.

Senada dengan itu, penelitian pada European Journal of Preventive Cardiology mengatakan bahwa minum teh hijau sebanyak tiga kali atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan bikin umur lebih panjang.

Edisi-Rabu-25-Februari-2020-teh-hijau.jpg

Temuan-temuan tersebut didukung oleh penelitian lain dari Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok di Beijing, yang menggunakan 100.902 partisipan tanpa riwayat serangan jantung, stroke, atau kanker.

Dari studi tersebut, peneliti menarik kesimpulan bahwa mereka yang rutin minum teh hijau cenderung tetap sehat untuk jangka waktu yang lebih lama.

Dari penelitian ini, sekitar 20 persen partisipan juga ditemukan memiliki risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Mereka yang mempertahankan kebiasaan minum teh dalam studi tersebut terlihat manfaat yang lebih nyata, termasuk risiko 56 persen lebih rendah untuk terjangkit penyakit jantung dan stroke yang fatal.

Berdasarkan hal di atas, minum teh hijau secara rutin dan teratur dapat membantu menyehatkan pembuluh darah dan mencegah stroke di kemudian hari. Namun, Anda harus tetap ingat untuk membatasi porsi saat mengonsumsinya agar tidak berlebihan. Kombinasikan konsumsi teh hijau dengan penerapan gaya hidup aktif dan sehat, agar manfaat sehatnya bisa berkali-kali lipat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES