Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Mahasiswa UM Jember dan Masyarakat Sumber Kalong Tanam Tumbuhan Hidroponik di Rumah Kreasi

Senin, 24 Februari 2020 - 21:09 | 88.86k
Mahasiswa KKN Kelompok 24 UM Jember bersama anak-anak menanam tanaman hidroponik di Rumah Kreasi Desa Sumber Kalong, Minggu (9/2/2020). (Foto: Humas UM Jember)
Mahasiswa KKN Kelompok 24 UM Jember bersama anak-anak menanam tanaman hidroponik di Rumah Kreasi Desa Sumber Kalong, Minggu (9/2/2020). (Foto: Humas UM Jember)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JEMBER – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 24 Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) mengadakan pembuatan Hidroponik Rumah Kreasi. Hidroponik tersebut merupakan salah satu progam kerja KKN tematik di bidang pertanian berupa penanaman tanaman tanpa menggunakan media tanah yang biasanya dapat diletakkan pada lahan yang sempit.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi tentang cara pembuatan dan perawatan tanaman hidroponik kepada warga Sumber Kalong. Selanjutnya penanaman hidroponik dilakukan di Rumah Kreasi di Dusun Barat Sungai, Desa Sumber Kalong, Kecamatan Kalisat bersama siswa dan pengurus dari Rumah Kreasi, Minggu (9/2/2020).

Hidroponik-Unmuh-Jember-2.jpg

Apa yang dimaksud tanaman hidroponik ?

Tanaman hidroponik merupakan metode budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Sebagai penggantinya dapat menggunakan media tanam berupa rockwool atau gabus yang memiliki serabut-serabut halus terdiri dari serat alami yang dibutuhkan untuk pertumbuhan akar dan penyerapan nutrisi bagi tanaman.

Kegiatan ini dirancang dengan menggunakan teknik NFT (Nutrient film Technique). Teknik NFT dalam hidroponik ini hanya menggunakan aliran air (nutrien) sebagai medianya. Teknik ini diawali dengan penyemaian benih sayuran pada media tanam (Rockwool) sampai bibit siap dipindahkan ke netpot yang diletakkan pada pipa yang telah dilubangi sesuai dengan jarak yang ditentukan umumnya ±20 cm.

Hidroponik-Unmuh-Jember-3.jpg

Adapun manfaat dari bercocok tanam dengan teknik hidroponik yaitu penggunaan pupuk dan aliran air yang efisien, pengendalian hama dan penyakit tanaman lebih mudah serta kuantitas dan kualitas produksi lebih tinggi maupun lebih bersih, sehingga dapat mempermudah dalam perawatan tanaman dan dapat menjaga kelestarian lingkungan.

“Pembuatan hidroponik ini adalah program kerja unggulan yang kami angkat dari salah satu program kerja KKN tematik di bidang pertanian, Hidroponik ini sengaja kami letakkan di Rumah Kreasi dengan tujuan dapat menambah wawasan bagi adik-adik dan warga sekitar mengenai cara bercocok tanam selain menggunakan media tanam berupa tanah, yaitu dengan media tanam lain berupa rockwool dan hanya menggunakan aliran air," ujar Suci (22) salah satu mahasiswa UM Jember kelompok KKN 24. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES