Indonesia Positif

Gelar Program Literasi, Mahasiswa UM Jember Dirikan Taman Bacaan Masyarakat di Desa Pocangan

Senin, 24 Februari 2020 - 21:31 | 83.71k
Taman Bacaan Masyarakat (TBM) tampak ramai oleh pelajar yang ingin membaca buku. (Foto: Humas UM Jember for ajp.TIMES Indonesia)
Taman Bacaan Masyarakat (TBM) tampak ramai oleh pelajar yang ingin membaca buku. (Foto: Humas UM Jember for ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) tahun 2020 kelompok 06 Desa Pocangan, Sukowono mengadakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang belum pernah ada di desa tersebut.

Sebelumnya, mahasiswa melakukan survei lokasi yang akan digunakan sebagai taman baca. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mikhrajul Ulum akhirnya dipilih sebagai tempat taman baca tersebut. 

Dipilihnya MI Mikhrajul Ulum karena sekolah tersebut telah memiliki perpustakaan sehingga mahasiswa tinggal menambah koleksi buku, memperbaiki, menghias maupun mengecat ruang perpustakaan tersebut semenarik mungkin, agar menambah daya tarik bagi para peserta didik dan masyarakat sekitar.

Mahasiswa juga mencari donasi buku untuk disumbangkan ke TBM tersebut sebagai tambahan koleksi buku yang ada di perpustakaan. 

Koleksi buku yang ada di Taman Baca Masyarakat cukup lengkap. Seperti buku pendidikan, novel, buku cerita, buku motivasi, buku umum, majalah Islam, dan lain-lain.

TBM ini juga berdekatan dengan SD serta SMP sehingga menarik para pelajar dan masyarakat sekitar untuk datang dan membaca.

Pengerjaan tempat ini sudah dimulai pada 6 Februari 2020. Dan pada Rabu (19/2/2020) kemarin TBM tersebut diresmikan.

Seluruh mahasiswa KKN di Desa Pocangan mengikuti acara peresmian tersebut. Selain dihadiri mahasiswa, kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala MI Mikhrajul Ulum dan seluruh guru beserta siswa dan masyarakat.

“Salah satu proker fisik literasi yaitu Taman Baca Masyarakat. Kami berharap tempat ini dapat bermanfaat bagi adik-adik dan masyarakat. Kami berpesan kepada bapak ibu untuk mendampingi adik-adik dan mengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ini dengan baik,” pesan Firrizqi Satria Wibawa, perwakilan mahasiswa KKN Kelompok 06 UM Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES