Indonesia Positif

Guru TPQ se-Kabupaten Pasuruan Diberi Pelatihan Metode Ajar Membaca Al-Qur'an

Selasa, 25 Februari 2020 - 07:47 | 213.14k
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Drs. H. Iswahyudi, M.Pd. (tengah, ber-kacamata). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Drs. H. Iswahyudi, M.Pd. (tengah, ber-kacamata). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Sebanyak 240 guru TPQ se-Kabupaten Pasuruan, mengikuti pelatihan dan bimbingan yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu. Menurut Drs. H. Iswahyudi, M.Pd selaku Kepala Dindik Kabupaten Pasuruan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka untuk meningatkan kualitas pengajar Al-qur’an kepada para santri. 

"Diharapkan melalui pelatihan tersebut, pengajar Al-qur'an bisa menguasai substansi keilmuan di bidang Al-qur’an. Serta menggunakan metode pengajaran yang tepat kepada para santri nantinya", jelas Iswahyudi saat dihuhungi. Pria yang akrab dipanggil Abah Is tersebut menjelaskan, ada banyak metode pembelajaran Al-qur'an yang dipergunakan oleh para Ustad dan Ustadzah. Seperti Qiroati, Tilawah, Tartil, Iqro, Yanbu'a, dan lain-lainnya.

"Dari kesemua metode pembelajaran tersebut, tujuannya adalah untuk mempermudah anak didik atau santri dalam membaca Al-Qur'an secara benar dan cepat. Kami berharap, usai bimbingan dan pelatihan ini, para ustadz dan ustadzah yang sudah bersyahadah bisa menerapkannya. Sehingga metode mengajar Al-Qur'an kepada santri bisa sesuai dengan kaidah yang benar", terang Iswahyudi.

Dalam kegiatan yang diutamakan bagi para guru yang belum pernah mengikuti pelatihan tersebut, diberikan materi pelatihan meliputi standar bacaan Murottal, pengembangan 4 potensi dasar guru di TPQ, bermain cerita dan menyanyi, Tahsinul Khot, dan membaca Al-Qur'an bittartil," pungkas Iswahyudi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES