Indonesia Positif

Olahan Jerohan Sapi nan Enak, Nasi Babat Madiun Pelopornya

Selasa, 25 Februari 2020 - 15:25 | 359.56k
Berbagai olahan jerohan sapi nan enak di Nasi Babat Madiun. (FOTO: Istimewa)
Berbagai olahan jerohan sapi nan enak di Nasi Babat Madiun. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Di Madiun, jerohan sapi banyak ditemui di warung-warung sebagai lauk pendamping soto dan pecel. Tapi bagaimana rasanya jika babat, paru, usus sapi digoreng lalu disandingkan dengan sambal bawang dan lalapan ala penyetan? Ya, Nasi Babat Madiun telah mengolah aneka jerohan sapi menjadi referensi kuliner baru di Madiun. 

Berawal dari fenomena kuliner di Madiun yang menjamur, khususnya berbahan ayam, membuat Wahid, pemilik depot makan di Jalan S. Parman Kota Madiun ini membuat sesuatu yang beda. Saat kuliah di Surabaya, Wahid mengamati segala jenis kuliner dan mencari yang belum ada di Madiun. Terlintaslah Nasi Babat.

harga-olahan-jerohan-sapi.jpg

Memasak jerohan sapi terlihat gampang namun susah untuk dipraktikkan. Babat yang enak itu bertekstur empuk, tidak alot, dan berbau tidak amis. Tipsnya, sebelum babat direbus harus disiram atau direndam air panas terlebih dahulu untuk menghilangkan bau yang menempel pada kulit luar selama 15 menit lalu direbus dengan suhu tinggi selama kurang lebih satu setengah jam.

Nasi Babat milik Wahid pertama kali dijual secara online melalui akun Instagram @nasibabatmadiun. Pesanan dibuat berdasarkan pemesan. Setelah pesanan ditutup, Wahid merekap pesanan dan mengantar saat jam makan siang. Karena melihat antusias pelanggan yang suka dengan olahan jerohan miliknya, menu baru ini dia tambahkan di depot miliknya dan untuk pesanan online hanya bisa dipesan melalui aplikasi ojek online.

“Pertama kali jualan takut, kirain pada nggak suka karena jerohan identik kolesterol. Tapi saya lihat tiap malam orang juga makan bebek goreng dan warung bebek juga selalu ramai,” ujar Wahid ketika ditanya pengalaman pertama jualan Nasi Babat Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-14 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES