Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Studi Banding TUK Disnakkeswan Jateng ke TUK BBPP Batu

Selasa, 25 Februari 2020 - 20:07 | 60.41k
Studi Banding TUK Disnakkeswan Jateng ke TUK BBPP Batu, Senin (24/2/2020). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Studi Banding TUK Disnakkeswan Jateng ke TUK BBPP Batu, Senin (24/2/2020). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, BATUBBPP Batu menerima kunjungan dalam rangka studj banding dari Tempat Uji Kompetensi (TUK) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah ke Tempat Uji Kompetensi (TUK) BBPP Batu.

Dalam kunjungan ini TUK Disnakkeswan Provinsi Jateng di pimpin Drh. Saiful Latif selaku ketua TUK , Sekretaris (Bagian administrasi), bagian manajemen mutu dan bagian teknis yang berjumlah 15 orang.

Studi-Banding-2.jpg

Dalam sambutannya Drh. Saiful Latif menyampaikan bahwa TUK Disnakkeswan secara resmi dikukuhkan dengan Keputusan Kepala Dinas Nomor 50/LSP-P/02/2020 tanggal 11 Pebruari 2020. Sebelumnya TUK  bernama TUK Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Peternakan (BPSDMNak) Provinsi Jateng.

TUK Disnakkeswan Prov. Jateng melakukan sertifikasi profesi di bidang Inseminasi Buatan (IB), Pemeriksaan Kebuntingan (PKb), Asisten Teknik Reproduksi (ATR) dan Juru Sembelih Halal (Juleha).

"Pada kunjungan ini menekankan pada pelaksanaan sertifikasi profesi yang telah dilaksanakan di BBPP BATU," ujar Saiful.

Kepala Balai Besar Pelatihan Batu, Dr. Wasis Sarjono, S.Pt. M.Si. yang di wakili Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Sugino, SP. M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa TUK BBPP Batu sejak tahun 2013 yang saat berdiri melaksanakan sertifikasi profesi bidang penyuluhan pertanian.

Studi-Banding-3.jpg

Seiring dengan berkembangnya profesi bidang peternakan yang lain maka TUK BBPP Batu melaksanakan sertifikasi profesi di bidang IB, PKb, Buthcer, Juleha, dan Ternak Organik.

"Adapun TUK BBPP BATU selama ini telah melaksanakan
sertifikasi profesi dari biaya APBN maupun Biaya Mandiri (Kerjasama)," terang Sugino.

Ketua TUK BBPP Batu, Hardi, SST. MM., dan Sekretaris Eko Fendi Baskoro, SST. M.Si., menyampaikan operasional pelaksanaan sertifikasi di BBPP BATU melibatkan di bidang penyelenggaraan pelatihan dan sarana prasarana yang dikolaborasikan dengan divisi, satlak, dan bagiana umum agar pelaksanaan berjalan sesuai tujuan.

Akhir kegitan, seluruh peserta studi banding mengunjungi ruang TUK BBPP Batu, ruang kelas, sarpras ke Divisi Keswan, Reproduksi, RPH, Divisi Pengolahan Daging dan membawa dokumen  perangkat asesmen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES