Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Hoaks, Puskemas Rajagaluh Temukan ODP Virus Corona dan Rencana Lockdown Surya Majalengka

Senin, 16 Maret 2020 - 19:40 | 325.55k
Pesan berantai via WhatsApp Berisi Puskemas Rajagaluh Temukan ODP Virus Corona dan Rencana Lockdown Surya Majalengka. (Foto: Screenshot WhatsApp)
Pesan berantai via WhatsApp Berisi Puskemas Rajagaluh Temukan ODP Virus Corona dan Rencana Lockdown Surya Majalengka. (Foto: Screenshot WhatsApp)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Sebuah informasi beredar di media sosial, terutama pesan WhatsApp (WA) tentang di Puskemas Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, ditemukan suspect virus Corona (Covid-19) yang berstatus satu Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Bahkan, dalam pesan berantai tersebut, juga ada rencana lockdown swalayan Surya Majalengka di Kabupaten Majalengka.

Berikut isi pesan tentang satu orang ODP dan rencana lockdown Surya Majalengka:

Info terbaru
Di Puskesmas Rajagaluh ditemukan suspect corona (Covid-19) 1 orang dalam pengawasan. Majalengka sudah menetapkan siaga 1, dan ada rencana lockdown Surya Majalengka.
Himbauan kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada, terapkan PHBS utamanya cuci tangan.

CEK FAKTA

Menurut pelusuran CEK Fakta TIMES Indonesia, informasi yang beredar tentang  ditemukannya satu orang ODP oleh Puskesmas Rajagaluh dan rencana lockdown Surya Majalengka, tidak benar alias hoaks.

Sedangkan, pesan berantai tersebut, diterima CEK Fakta, seusai Bupati Majalengka, H Karna Sobahi, mengumumkan status Kabupaten Majalengka, siaga darurat virus Corona, pada Minggu sore (15/3/2020).

Kabid Komunikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka, Mohamad Yudiprasetiadi membenarkan, bahwa pesan berantai melalui media sosial WatsApp tersebut, hoaks alias tidak benar.

"Pesan berantai tersebut adalah hoaks atau tidak benar. Jadi masyarakat jangan percaya atas isu tersebut," jelas Yudiprasetiadi, kepada TIMES Indonesia, melalui pesan singkat, Senin (16/3/2020).

Kendati demikian, pihaknya meminta kepada masyarakat Majalengka untuk tetap tenang dalam menghadapi virus Corona. "Mari kita biasakan hidup sehat dengan menjaga lingkungan disekitar kita serta kalau ada gejala bisa mengubungi call center di 112 atau segera bawa ke puskesmas terdekat," imbaunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES