Gawainesia

Mr D Ramaikan Sharing Sessions Fête de la musique 2020 IFI Surabaya, Catat Tanggalnya!

Kamis, 18 Juni 2020 - 09:41 | 178.02k
Mr D akan tampil dalam acara yang digelar IFI Surabaya. (foto: IFI Surabaya)
Mr D akan tampil dalam acara yang digelar IFI Surabaya. (foto: IFI Surabaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Setelah absen sekian tahun, Institut Français Indonesia (IFI) Surabaya turut merayakan ajang musik internasional 'Fête de la musique' (pesta musik) dengan mengundang gitaris one finger asli Suroboyo, Doddy Hernanto atau lebih tenar dengan panggilan  Mr D. Acara ini juga menjadi acara seni budaya IFI Surabaya yang berlangsung secara daring karena saat ini masih pandemi Covid-19. 

"Sementara kantor IFI Surabaya masih tutup, aktivitas kami berlanjut secara daring, di antaranya kelas bahasa Prancis, workshop kreatif dan diskusi. Ini acara pertama kami yang mengundang seniman sebagai narasumber dan penampil aktif dan kreatif, Mr. D melintas batas bermusik," terang Public Relations IFI Surabaya, Krishna, Rabu (17/6/2020).

IFI-Surabaya-2.jpg

Mr.D merupakan musisi sekaligus inovator gitar dengan sentuhan teknologi. Seniman kawak tersebut bakal mengungkap bakat terpendam lain yang ia geluti sepanjang tiga tahun terakhir ini, seni rupa. 

Masih akrab dengan teknologi, pria asal Surabaya ini membuat sketsa berciri khas 'chiarascuro' putih di atas hitam, dengan sentuhan teknologi augmented reality (AR), menjadikannya karya audio visual, diiringi musik ciptaannya.

Bagaimana ia berkarya dan terus kreatif ? Mr. D akan berbagi pengalaman dan senang hati menjawab pertanyaan seputar musik dan karya seni rupanya pada Hari Musik Dunia, Fête de la musique 21 Juni 2020 pukul 16.00 WIB melalui aplikasi Zoom. 

Di awal acara, Mr. D akan bermain musik dengan gitarnya. Selanjutnya, ia juga akan berbagi pengalaman dalam bermusik, menciptakan gitar inovatif dengan sentuhan teknologi dan karya seni rupa yang ia sebut sebagai sketsa bergerak. Di sesi kedua akan diadakan sesi tanya jawab dengan audiens.

Fête de la musique Merambah Berbagai Kota

Fête de la musique di Jakarta. Fête de la musique atau juga dikenal dengan World Music Day, Hari Musik Dunia digelar di berbagai negara. Di Indonesia, jaringan Prancis yang  ikut serta mengadakannya selain IFI Surabaya adalah IFI pusat Jakarta : 21 Juni pukul 15.00  21.00 WIB, dengan mengundang para musisi untuk tampil pada Konser Musik Online, secara langsung (live) melalui Facebook Institut Français dIndonesie dan kanal Youtube IFI. 

Para musisi yang akan tampil antara lain, band Prancis pilihan FAIR 2020 yaitu Macadam Crocodile. Konser yang bekerja sama dengan SRM juga akan digelar dan menampilkan grup musik Indonesia Tanayu, DEKAT, Ballads of The Cliché, dan Rangkai. Selain itu, IFI Jakarta juga mengadakan Lomba Karaoke online yang dapat diikuti oleh siapa saja, untuk merayakan Pesta Musik tersebut.

Fête de la musique awal mulanya diadakan di Prancis, ajang tahunan perayaan musik tiap 21 Juni bagi siapa saja, di mana saja. Fête de la musique jika diterjemahkan artinya Pesta Musik. Istilah yang dipakai dari utak-atik permainan kata Prancis "faîtes" yang berarti "mainkanlah", lalu beralih ke homofonnya yaitu "fête" yang berarti "pesta".

Di negara asalnya, Pesta Musik digelar setiap tahunnya pada tanggal 21 Juni di mana seluruh penjuru kota-kota di Prancis memainkan musik, baik musisi profesional maupun musisi amatir, baik di dalam ruangan maupun di jalanan, yang pada hari itu di Prancis adalah hari yang siang harinya terpanjang dan malam hari terpendek dalam setahun. Acara ini dicetuskan pada tahun 1982 oleh Jack Lang, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan Prancis. Mulai tahun 85, acara ini juga diadakan di luar Prancis. 

Dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun, ajang perayaan musik ini diselenggarakan di 85 negara di 5 benua dan pada 2017, Fête de la musique diadakan di lebih dari 120 negara. Semakin banyak yang ikut merayakan acara populer ini hingga menggema melintasi batas-batas negara. Untuk mengikuti pengalaman bermusik lintas batas bersama IFI Surabaya dan Mr D, Anda bisa Acara ini terbuka untuk umum. Untuk reservasi bisa menghubungi +62 81 331 487 498 via Whatsapp. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES