Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Tidak Benar, Video Ratusan Ternak Hanyut Saat Banjir di Blitar

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 16:29 | 102.82k
Video ternak hanyut akibat banjir yang diklaim terjadi Blitar.
Video ternak hanyut akibat banjir yang diklaim terjadi Blitar.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video yang diklaim ternak-ternak hanyut terseret banjir bandang di Blitar, jawa Timur. Video tersebut beredar di berbagai platform media sosial, salah satunya Facebook. 

Akun Facebook Braja Musti membagikan video Youtube yang memperlihatkan hewan-hewan ternak seperti sapi dan kerbau hanyut terseret banjir. Video tersebut dibagikan pada Jumat (21/10/2022).

Video yang dibagikan akun Braja Musti berasal dari kanal Youtube Amanda channel dengan judul "viral Blitar Jatim banjir bandang,sapi kabing ayam hanyut #shortvideo #virala".

cek-fakta-Ternak-Hanyut-Saat-Banjir-blitar-2.jpgSumber: https://www.youtube.com/shorts/RY8N70utY14

Akun Facebook Braja Musti juga menyertakan narasi dalam video yang dibagikannya:

kasihan...

cek-fakta-Ternak-Hanyut-Saat-Banjir-blitar-3.jpgSumber: https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid0FAJ7vY5CC3hrJ3xgXyLSoRLXDygxpQRYdTnig5geKRPSHKVVVuVJBjgTVUQ3K8oil&id=100060824425522

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga menemukan video-video serupa beredar di Facebook pada beberapa hari terakhir, pasca kejadian banjir di Blitar.

Benarkah klaim tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang diklaim ternak hanyut dalam banjir di Blitar adalah tidak benar. Faktanya, peristiwa dalam video tersebut bukan di Blitar tapi di Meksiko pada 2020.

Penelusuran cek fakta, video ternak hanyut tersebut identik dengan video yang terdapat di kanal Youtube Watchtower yang tayang pada 30 Juli 2020.

Deskripsi dalam kanal tersebut menyebutkan bahwa sekelompok hewan sapi bertahan melawan arus sungai akibat Badai Hanna yang melanda Meksiko.

Disebutkan pula, di Ccompostela, Nayarit (negara bagian Meksiko) arus deras sungai hingga menyeret ternak. Namun, akhirnya hewan ternak itu mampu bertahan.

cek-fakta-Ternak-Hanyut-Saat-Banjir-blitar-4.jpgSumber: Viral : A Group of Cattle Struggle to Survive Against Heavy River Current due To Hurricane Hannah | YouTube/Watchtower

Sementara, penelusuran menggunakan mesin pencarian google dengan kata kunci tertentu (banjir blitar) menemukan sejumlah artikel dari media mainstream yang telah melakukan pemeriksaan atas klaim video ternak hanyut akibat banjir di blitar. Hasilnya, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

cek-fakta-Ternak-Hanyut-Saat-Banjir-blitar-5.jpgTangkapan layar mesin pencarian google dengan kata kunci "banjir blitar"

Klaim video ternak hanyut itu sebelumnya pernah beredar saat banjir di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan Selatan dan Bojonegoro. Turnbackhoax.id, pernah memeriksa klaim tersebut. Videonya identik. Ini yang di Kalsel ([SALAH] Potongan Video “Banjir Kalimantan Selatan #PrayForKalsel banyak sapi warga yang terhanyut” | Turnbackhoax) dan Bojonegoro ([SALAH] Puluhan Sapi Hanyut di Bojonegoro | Turnbackhoax).

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, klaim bahwa video ternak hanyut akibat banjir di Blitar, tidak benar alias hoaks. Faktanya, peristiwa dalam video tersebut terjadi di Meksiko.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori False Context (Konteks Keliru). False context adalah sebuah konten asli yang disajikan dengan narasi dan konteks informasi yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES