Positive News from Indonesia

PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore Raih PROPER Emas

Jumat, 30 Desember 2022 - 12:22 | 80.00k
Penghargaan PROPER Emas PHE WMO diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dan diterima oleh Direktur PHE WMO, Endro Hartanto pada Kamis (29/12/2022) malam. (FOTO: Dok. Humas Pertamina)
Penghargaan PROPER Emas PHE WMO diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dan diterima oleh Direktur PHE WMO, Endro Hartanto pada Kamis (29/12/2022) malam. (FOTO: Dok. Humas Pertamina)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) kembali memboyong penghargaan PROPER Emas atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Emas Tahun 2022.

Ini karena, PHE WMO yang tergabung di Regional Indonesia Timur Subholding Upstream berhasil mengembangkan Program Salt Centre Terintegrasi dengan menerapkan Teknologi Tepat Guna sebagai bentuk komitmen lingkungan berkelanjutan dan peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan. 

General Manager Zona 11 Muhammad Arifin mengatakan, penghargaan tersebut adalah perolehan emas ke-4 untuk PHE WMO.

PROPER dilaksanakan setiap tahun diatur dalam Permen KLH No. 1 Tahun 2021 dan telah menjadi platform bagi dunia usaha dalam melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau.

Penilaian terhadap kandidat PROPER Emas memang dilakukan pada inovasi sosial yang dilakukan perusahaan sebagai solusi mengatasi permasalahan lingkungan dan sosial di sekitar perusahaan.

"Alhamdulillah tahun ini PROPER Emas kembali diraih melalui program unggulan Salt Centre yang kami kembangkan bersama masyarakat Desa Banyusangka, Bangkalan. kami harapkan program ini dapat menghidupkan industri garam tradisional oleh masyarakat Pulau Garam," jelas Arifin, Jumat (30/12/2022). 

Arifin menjelaskan bahwa program ini telah mampu mengantarkan PHE WMO untuk kembali meraih PROPER Emas 2022. Sebelumnya, PHE WMO juga sudah pernah mendapatkan emas sebanyak tiga kali pada tahun 2016, 2017 dan 2020.

Penghargaan PROPER Emas tersebut merupakan penghargaan tertinggi yang diperoleh dalam penilaian kinerja perusahaan untuk pengelolaan lingkungan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Acara Penganugerahaan PROPER Tahun 2022 dilaksanakan di Istana Wakil Presiden RI pada Kamis, 29 Desember 2022 kemarin. Penghargaan PROPER Emas PHE WMO diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dan diterima oleh Direktur PHE WMO, Endro Hartanto.

“Kami turut bangga, dengan diraihnya penghargaan Proper Emas tahun ini menunjukkan bahwa dengan adanya program Salt Centre Terintegrasi telah memberikan manfaat bagi kelompok manfaat dan masyarakat sekitar. Tidak hanya manfaat ekonomi saja yang didapat, tetapi manfaat lainnya seperti manfaat lingkungan dan sosial," ujar Endro Hartanto.

Seperti yang diketahui, Program Salt Centre Terintegrasi merupakan program yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas garam di Madura khususnya wilayah Bangkalan. 

Dengan adanya penerapan teknologi tepat guna yang diterapkan, tidak hanya NaCl saja yang meningkat, tetapi kandungan puritan yang tidak dibutuhkan dalam garam juga berkurang.

Program ini juga melibatkan ibu-ibu PKK dan juga Karang Taruna untuk terlibat dalam kegiatan diversifikasi produk olahan berbahan dasar garam. 

Tidak hanya itu, dengan adanya Program Salt Centre Terintegrasi juga telah mampu menjadi contoh dan lokasi belajar bagi masyarakat sekitar dan siswa-siswi dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi untuk belajar terkait pengelolaan garam rakyat dengan teknologi tepat guna. Program Salt Centre Terintegrasi ini juga telah mampu mendukung SDGs 1, 8, 12, 13 dan 15.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung PHE WMO, sehingga ini adalah pencapaian dan penghargaan untuk kita semua," jelas Endro.

Dengan meraih predikat PROPER Emas semakin mempertegas komitmen PHE WMO sebagai perusahaan yang selalu bertanggungjawab mengelola dampak lingkungan dan memandirikan masyarakat di sekitar wilayah operasi melalui program pemberdayaan.

PHE Borong PROPER EMAS 

PT Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai Subholding Upstream Pertamina total berhasil meraih 7 predikat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Emas tahun 2022 yang merupakan penghargaan tertinggi terhadap kinerja pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia.

Direktur Utama PHE, Wiko Migantoro, menjelaskan jika keberhasilan raihan penghargaan PROPER merupakan wujud nyata keseriusan perusahaan dalam menerapkan aspek Environment, Social, Governance (ESG) di seluruh lini bisnis mereka. 

“Saat ini PHE berhasil meraih ESG Risk Rating sebesar 30.5 dan perolehan PROPER ini menunjukkan komitmen PHE sebagai Subholding Upstream yang senantiasa mengedepankan operasional bisnis ramah lingkungan,” terang Wiko.

Total PHE berhasil meraih tujuh PROPER predikat emas yang berasal dari Badak LNG, Pertamina EP Rantau Field, Pertamina EP Bunyu Field, Pertamina EP Tarakan Field, Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pertamina Hulu Kalimatan Timur – Daerah Operasi Bagian Selatan (PHKT DOBS), dan Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS).

Selain itu, PHE juga meraih 21 predikat PROPER Hijau sebagai penghargaan terhadap perusahaan yang melakukan pengelolaan lingkungan dan sosial lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance).

Diketahui, dalam ajang bergengsi ini, Pertamina Hulu Energi WMO (PHE WMO) kembali memboyong penghargaan Proper Emas atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Emas Tahun 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES