Adv

Wali Kota Gorontalo Segera Tindak Lanjuti Harapan Presiden RI Jokowi di Tahun 2023

Kamis, 19 Januari 2023 - 11:42 | 34.24k
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional terkait penguatan ekonomi dan pengendalian inflasi bertempat di Sentul International Convention Center (SICC) di Kabupaten Bogor. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional terkait penguatan ekonomi dan pengendalian inflasi bertempat di Sentul International Convention Center (SICC) di Kabupaten Bogor. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALOWali Kota Gorontalo Marten Taha mengatakan Presiden RI Jokowi menekankan 8 poin penting yang harus ditindak lanjuti oleh Pimpinan daerah Se - Indonesia di Tahun 2023.

Penekanan Jokowi itu disampaikan pada Rapat Koordinasi Nasional terkait penguatan ekonomi dan pengendalian inflasi bertempat di Sentul International Convention Center (SICC) Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Selasa 17/01/23. 

Wali Kota Gorontalo sampaikan amanat Presiden RI Jokowi

Semua pimpinan daerah dan Forkompimda turut hadir pada kegiatan tersebut, termasuk Wali Kota Gorontalo Marten Taha.

Adapun 8 poin yang disampaikan Presiden RI Jokowi yaitu pertama, menyangkut pengendalian inflasi.

"Pak Presiden meminta seluruh pimpinan daerah untuk melakukan pemantauan harga dilapangan, disamping itu untuk lebih berhati-hati menentukan dan mengatur tarif seperti angkutan dan PDAM karena itu bisa menjadikan inflasi naik," ujar Marten Taha, Kamis (19/1/2023).

Selanjutnya, kata Marteh, poin yang kedua adalah menurunkan kemiskinan ekstrem sampai 0% pada 2024. Kemudian ketiga yang menjadi fokus penting yaitu menurunkan angka stunting.

Marten menambahkan, poin yang kelima adalah kepala daerah diminta untuk memperhatikan investasi. Katanya, investasi menjadi kunci bagi pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 sehingga jangan ada izin sampai berbulan-bulan.

Selanjutnya, Pesiden berharap setiap daerah memastikan belanja APBD diprioritaskan untuk produk-produk buatan dalam negeri. Selain itu, presiden mendorong kabupaten/ kota harus dapat mendesain kotanya dengan baik sehingga memiliki diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah

Stabilitas politik dan keamanan juga menjadi perhatian presiden untuk melindungi masyarakat dari politik identitas pada pemilu 2024. Terakhir, kata Marten, menjamin kebebasan untuk beragama dan beribadah sesuai keyakinan dan kepercayaannya menjadi harapan Presiden. 

"Presisen mengatakan, jangan sampai konstitusi kalah oleh kesepakatan. Olehnya, kami akan segera menindaklanjuti dan melaksanakannya di Kota Gorontalo," tutup Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES