Kesehatan

Poltekkes Bandung - Geo Dipa Sosialisasi Pencegahan dan Penurunan Stunting

Rabu, 25 Januari 2023 - 23:01 | 57.80k
PT Geo Dipa Energi Unit Patuha gelar sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting, di Desa Panundaan Kec Ciwidey Kab Bandung, Rabu (25/1/2023). (FOTO: Geo Dipa for TIMES Indonesia) 
PT Geo Dipa Energi Unit Patuha gelar sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting, di Desa Panundaan Kec Ciwidey Kab Bandung, Rabu (25/1/2023). (FOTO: Geo Dipa for TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BANDUNG – PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha bersama Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Bandung menggelar sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting, di Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey dan Desa Alamendah Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Rabu (25/1/2023). 

Sosialisasi dihadiri seluruh kader Posyandu dari masing-masing desa, orang tua balita, serta ibu hamil. Salah satu materi yang disampaikan yaitu mengenai Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK). 

"Sosialisasi stunting ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang stunting dan penyebab gejalanya, meningkatkan pengetahuan peserta tentang resiko tinggi dan pengenalan tanda kelahiran pada kehamilan," jelas General Manager PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha, Ilen Kardani di sela sosialisasi. 

Ilen menambahkan, sosialisasi bertujuan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan kasus stunting. "Diharapkan pula warga bisa belajar tentang stunting, sehingga dapat lebih waspada dan terhindar dari kasus stunting karena sangat bahaya bagi generasi ke depannya," imbuh Ilen.

Ia mengatakan, stunting pada anak akan mengakibatkan kurang maksimalnya perkembangan dan pertumbuhan, serta kebahagiaan pada anak tersebut.

PSD-BERITA-2023-a.jpg

Stunting sendiri sebenarnya merupakan keadaan berhentinya pertumbuhan pada anak. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi pada waktu yang cukup lama. Pemberhentian pertumbuhan meliputi pertumbuhan tubuh dan otak. Stunting menyebabkan anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan anak-anak lain yang seusianya. Stunting juga menyebabkan keterlambatan perkembangan cara berpikir.   

Selain sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting, Geo Dipa Unit Patuha juga memberikan bantuan berupa antropometri kit untuk menunjang kegiatan posyandu, yang dapat digunakan untuk mendeteksi stunting sejak dini. Kemudian diberikan pula makanan tambahan bagi seluruh balita serta ibu hamil di kedua desa tersebut. 

Sebelumnya kegiatan yang sama telah dilaksanakan Geo Dipa Energi di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung pada tahun 2022 lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES