Hukum dan Kriminal

Petugas Lapas Malang Gagalkan Penyelundupan Narkoba Lewat Makanan

Kamis, 26 Januari 2023 - 17:20 | 59.55k
Petugas Lapas Klas I Malang saat memeriksa makanan yang berisi narkoba. (Foto: Dok. Lapas Klas I Malang/TIMES Indonesia)
Petugas Lapas Klas I Malang saat memeriksa makanan yang berisi narkoba. (Foto: Dok. Lapas Klas I Malang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Petugas Lapas Kelas I Lowokwaru Malang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba ke area lapas. Penggagalan tersebut terjadi sekitar pukul 10.45 WIB pada Kamis (26/1/2023).

Kalapas Klas I Malang, Heri Azhari mengatakan, upaya penyelundupan narkoba ini dilakukan oleh seorang perempuan berinisial D (40).

"Penggagalan dilakukan petugas kami melalui proses pemeriksaan barang titipan untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP)," ujar Heri, Kamis (26/1/2023).

Awalnya, kata Heri, petugas sempat mencurigai satu paket makanan, sehingga kemudian dilakukan pemeriksaan barang.

Barang yang digeledah, yakni berupa sayur tempe yang ternyata di dalamnya terdapat narkoba yang hendak diselundupkan.

"Saat diiris, tempe tersebut tidak layaknya tempe pada umumnya. Tempe itu keras dan anggota kami mencurigai," ungkapnya.

makanan-yang-berisi-narkoba.jpg

Setelah terbelah, ternyata benar bahwa di dalam tempe tersebut terdapat narkoba jenis sabu, ganja dan pil.

"Ada kantong plastik kecil (di dalam tempe). Isinya sabu, ganja dan dua pil," katanya.

Mengetahui hal itu, petugas lapas langsung mengamankan barang bukti beserta pelaku yang mengirimkan barang tersebut.

"Kami langsung koordinasi dengan Satresnarkoba Polresta Malang Kota dan mengamankan barang bukti serta pelaku untuk ditindaklanjuti," tuturnya.

Dengan keberhasilan penggagalan penyelundupan narkoba ini, Heri menilai bahwa kinerja dan ketelitian petugas patut diapresiasi.

Ia pun berpesan agar seluruh tugas bisa dijalankan sesuai dengan SOP, maka penting komitmen bersama bisa berjalan baik demi pemberantasan peredaran narkotika.

"Keberhasilan ini tak lepas dari ketelitian dan kecermatan petugas penggeledah. Saya harap semua petugas senantiasa waspada lakukan penggeledahan kepada semua orang dan barang yang akan masuk ke dalam lapas," pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES