Pemerintahan

Tingkatkan SDM dan Kembangkan Investasi, Pemkab Kendal Jalin Kerjasama dengan UI

Kamis, 26 Januari 2023 - 20:37 | 51.27k
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto (kiri) bersama Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Aset, Prof. Dedi Priadi (kanan) saat penandatangan MoU Pemkab Kendal dengan Akademik UI, di Pendopo Kendal, Kamis 26/01/2023. (FOTO: Zamroni/TIMES Indonesia)
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto (kiri) bersama Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Aset, Prof. Dedi Priadi (kanan) saat penandatangan MoU Pemkab Kendal dengan Akademik UI, di Pendopo Kendal, Kamis 26/01/2023. (FOTO: Zamroni/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KENDAL – Ajak kolaborasi dengan Pemkab Kendal, Senat Akademi Universitas Indonesia (UI) siap memajukan pembangunan di Kendal melalui program- program dan inovasi dari dosen UI.

"Sebelumnya kita juga sudah bekerjasama dengan Pemprov Jateng dalam hal pembangunan SDM dan program- program lainnya yang ada di UI. Adapun tujuan kami mengajak kerjsama dengan Pemkab Kendal yaitu, agar kita bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan di Pemkab Kendal," kata Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA saat Senat Akademi UI melakukan kunjungan kerja di Kendal, Kamis (26/01/2023).

Priadi menjelaskan bahwa melalui kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan maupun penelitian serta pengabdian masyarakat, pihaknya akan berkolaborasi dengan Pemkab Kendal untuk membangun kendal yang lebih baik lagi.

Bupati-Kendal-2.jpgBupati Kendal, Dico M Ganinduto (kiri) bersama Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Aset, Prof. Dedi Priadi (kanan) saat meninjau Bazar UMKM di Pendopo Kendal, Kamis 26/01/2023. (FOTO: Zamroni/TIMES Indonesia)

"Kerjasama ini akan menjadi program konkret UI dalam mewujudkan Kendal menjadi Kabupaten yang punya karakteristik dan budaya luhur serta menjadikan Kendal menjadi pusat Industri dan pariwisata dan yang berdulat, berkeadilan serta berdaya saing tinggi, yang berbasis pada inovasi menuju pemerintahan yang demokrasi dan transparan," paparnya.

Priadi menegaskan bahwa, dengan adanya kerjasama ini, tentu akan banyak aspek penting dalam pembangun Kendal. Pihaknya juga siap untuk kembangkan SDM dan polistrik terkait tenaga kerja, baik di bidang kebudayaan, kesehatan atau program lainnya yang berbasis restorasi dan inovasi yang sudah di kembangkan oleh dosen di UI.

"Banyak sekali program dan inspirasi dari dosen UI yang bisa di koordinasikan dengan pihak induastri yang ada di KIK, dengan harapan perkembangan industri di Kendal bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional," paparnya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan bahwa, saat ini pihaknya sedang fokus dalam 4 pilar pembangungan yakni, pembangunan industri, pariwisata, UMKM dan pengrmbangan teknologi 4.0.

Dico melanjutkan perkembangan industri di KIK sangatlah pesat. Bahkan, industri di KIK merupakan salah satu industri yang masih bisa terus berkembang meskipun di terjang pandemi Covid- 19 pada musim lalu.

"Setelah penandatangan nota kesepahaman ini kita akan jaga komunikasi ini dengan baik, agar nantinya kita bisa bersama- sama menjaga investasi di Kendal dan bisa mengembangkannya lebih pesat lagi," tuturnya.

Bupati-Kendal-3.jpgBupati Kendal, Dico M Ganinduto (kiri) bersama Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Aset, Prof. Dedi Priadi (kanan) saat memberikan penghargaan kepada Kapolda Jateng, di Pendopo Kendal, Kamis 26/01/2023. (FOTO: Zamroni/TIMES Indonesia)

Bupati menjelaskan bahwa, guna menyerap tenaga kerja, pemkab Kedal telah membuat trobosan baru dengan menggunakan aplikasi Kendal Karir.

“Kita sudah memiliki aplikasi Kendal Karir untuk menjadi wadah kepada masyarakat dalam memberikan informasi pekerjaan, pada aplikasi tersebut juga nantinya akan memberikan pelatihan kepada calon pekerja dan semua itu dibiayai oleh Pemkab Kendal dan Kementerian Industri,” ujar Dico usai penandatangan kerjasama antara Pemkab Kendal dengan UI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES