Glutera News

Pentingnya Peregangan di Sela Waktu Kerja

Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:09 | 90.41k
Image: Glutera for TIMES Indonesia
Image: Glutera for TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seharian duduk di depan meja kerja bisa membuat tubuh stres dan kelelahan. Meski terlihat santai dan tidak terlalu banyak menguras tenaga, namun terus menerus duduk di depan meja kerja dalam waktu lama bisa membuat otot menjadi kaku dan tegang.

Ketika tubuh sudah tidak relaks maka semangat bekerja akan mengendur. Untuk menjaga agar otot tubuh tetap relaks, Anda bisa melakukan peregangan untuk mengendurkan ketegangan otot-otot.

Otot kaku

Otot yang kaku akan membuat tubuh terasa lebih pegal dari biasanya. Otot kaku ini biasanya terjadi karena posisi duduk yang salah dan jarang melakukan peregangan. Padahal sebenarnya ada banyak sekali manfaat peregangan otot saat bekerja. Otot kaku ini akan lebih sering dialami pekerja yang harus duduk seharian.

Peregangan merupakan gerakan-gerakan untuk melemaskan kembali bagian tubuh yang kaku. Gerakan dari peregangan ini harus dilakukan secara aktif dan dinamis selama 3 menit. Jika bisa melakukannya secara aktif, manfaat peregangan otot saat bekerja akan didapatkan. Tubuh juga akan menjadi lebih sehat dan bugar dari biasanya.

Manfaat peregangan di sela waktu bekerja 

Selain manfaat peregangan otot saat bekerja, peregangan akan menghindarkan dari berbagai macam komplikasi penyakit. Apalagi keluhan dari otot kaku kerap menyerang bagian leher, bahu, tulang belakang, dan siku. Jika timbul masalah serius pada bagian tubuh ini, pekerjaan justru akan menjadi kacau. Jadi, jangan ragu untuk mulai melakukan peregangan di sela-sela pekerjaan mulai sekarang.

1.    Hindari cedera

Cedera bisa dengan mudah dihindari dengan manfaat peregangan otot saat bekerja. Hal ini disebabkan karena peregangan dapat memaksimalkan vitalitas dan gerak tubuh. Semakin lentur tubuh, maka akan membuatnya semakin mudah beradaptasi dengan gerakan yang tiba-tiba. Meskipun jarang melakukan olahraga, dengan peregangan ini tubuh akan mudah terhindar dari cedera.

2.    Perbaiki otot

Manfaat peregangan otot saat bekerja bisa membantu memperbaiki otot. Otot yang kaku jelas akan menimbulkan masalah kesehatan baru jika terus dibiarkan. Sebab, otot yang kaku sama saja dengan kondisi otot yang tertekan. Peregangan akan membantu mendinginkan tubuh dan memperlambat denyut nadi yang berdetak cepat. Sehingga tubuh menjadi lebih rileks ketika harus melakukan pekerjaan berat.

3.    Tingkatkan fleksibilitas

Fleksibilitas akan meningkat karena manfaat peregangan otot saat bekerja. Peregangan akan membuat manfaat olahraga juga bisa dirasakan. Tubuh juga akan menjadi lebih rileks dari biasanya. Tubuh akan menjadi lebih bersemangat menjalankan aktivitas lebih berat. Bahkan pekerjaan akan menjadi semakin meningkat kinerjanya dengan kebugaran tubuh yang dimiliki.

4.    Kurangi stres

Manfaat peregangan otot saat bekerja bisa membantu mengatasi stres. Sebab, stres karena pekerjaan memang sulit dielakkan. Entah itu karena rekan yang sering memberikan toxic, menghujat, dan pekerjaan yang terlalu banyak. Jangan sampai otot yang kaku akan membuat pekerjaan seolah semakin menekan. Lakukan peregangan ringan untuk bisa menjadi lebih bugar dari biasanya.

5.    Lancarkan sirkulasi darah

Peregangan otot akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Berarti pula, manfaat peregangan otot saat bekerja akan menghindarkan dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Semakin lancar peredaran darah, maka tubuh akan semakin tampak segar. Melakukan aktivitas pekerjaan menjadi lebih bersemangat. Suasana hati yang buruk menjadi lebih mudah ditepis dengan semangat ini.

6.    Turunkan gula darah

Ternyata manfaat peregangan otot saat bekerja bisa membantu menurunkan gula darah. Sebab, peregangan ini termasuk salah satu olahraga ringan. Olahraga memang dikenal bisa membantu menjaga kadar gula darah. Jadi, jangan ragu untuk mulai melakukannya mulai sekarang. Lakukan pula peregangan dengan cara yang benar, jangan asal-asalan.

Telah dilakukan penelitian pada 2011 pada penderita diabetes tipe 2. Pada penelitian ini ditemukan bahwa mereka yang melakukan peregangan selama 40 menit memiliki kadar gula darah lebih rendah. Hasilnya jauh berbeda daripada mereka yang melakukan "peregangan asal"/mengambil posisi sama tetapi tidak benar-benar meregangkan ototnya.

7.    Tingkatkan keseimbangan dan koordinasi

Keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh akan meningkat karena manfaat peregangan otot saat bekerja. Semakin baik kondisi ini, maka pekerjaan juga akan semakin mudah diselesaikan. Upaya untuk lebih produktif dan aktif bekerja semakin mudah dilakukan juga. Jadi, jangan ragu untuk mulai menggerakkan otot dan sendi kepala. Kemudian disusul leher, bahu, lengan, pinggang, dan kaki.

8.    Perbaiki postur tubuh

Manfaat peregangan otot saat bekerja akan membantu memperbaiki posisi tubuh. Apalagi bagi yang memiliki kebiasaan duduk yang membungkuk, peregangan akan sangat membantunya. Sebab, peregangan akan membantu punggung menjadi tegak dan tulang ekor juga tepat pada posisinya. Postur tubuh yang baik juga akan membuat hari tua menjadi semakin baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES