Pendidikan

Kabar Baik, Santri Bisa Kuliah Gratis di Unipdu Jombang

Senin, 30 Januari 2023 - 20:24 | 135.84k
Penyerahan beasiswa santri secara simbolis dari BUMN yang diwakili oleh BSI kepada Yayasan Pesantren Tinggi Darul Ulum di Rektorat Unipdu Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Penyerahan beasiswa santri secara simbolis dari BUMN yang diwakili oleh BSI kepada Yayasan Pesantren Tinggi Darul Ulum di Rektorat Unipdu Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kabar baik datang bagi santri Pondok Pesantren Daru Ulum Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur. Pasalnya, bagi santri atau alumni pesantren yang didirikan oleh KH. Tamim Irsyad tersebut bisa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum atau Unipdu Jombang dengan gratis. 

Hal ini bentuk realisasi dari beasiswa yang pernah dijanjikan oleh Erick Thohir selaku Menteri BUMN kepada santri Darul Ulum Jombang. 

Siang ini, Senin (30/1/2023) tim dari BUMN telah menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada Yayasan Pesantren Tinggi Darul Ulum (Yapetidu) Jombang yang dihadiri oleh KH Zaimuddin Wijaya As’ad atau Gus Zuem Ketua (Yapetidu) dan H. M. Zulfikar As'ad selaku Wakil Rektor Unipdu di ruang Rektorat Unipdu Jombang. 

KH Zaimuddin Wijaya As’ad atau Gus Zuem Ketua (Yapetidu) mengungkapkan penyaluran beasiswa itu akan diberikan kepada 45 santri berprestasi dan kurang mampu yang hendak melanjutkan di Unipdu Jombang. 

"Ini bentuk komitmen dan realiasi beasiswa yang dijanjikan Pak Erick Thohir kepada para santri Darul Ulum," kata Gus Zuem kepada TIMES Indonesia, Senin (30/1/2023). 

Tidak ada kualifikasi secara khusus bagi santri Darul Ulum yang ingin mendapatkan beasiswa berprestasi santri ini. Lebih lanjut, Gus Zuem menerangkan tidak menutup kemungkinan jika nanti santri diluar Darul Ulum juga bisa mendapatkan beasiswa ini. 

"Sesuai amanat Pak Menteri beasiswa ini khusus untuk santri Darul Ulum. Namun, jika kuota masih ada bisa untuk santri diluar Darul Ulum," paparnya. 

Sementara itu, jika peminat beasiswa ini melebihi 45 mahasiswa maka akan ada seleksi khusus dengan mengedepankan prestasi siswa seperti hafidz Al-Quran atau mereka yang mempunyai prestasi akademik sewaktu sekolah di SMA. 

"Santri yang tidak mampu juga bisa mendapatkan beasiswa ini. Bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini dan kedapatkan tidak aktif maka akan dicabut dan dialihkan ke santri yang lain," terangnya. 

Pihaknya berharap dengan adanya beasiswa ini santri bisa meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. "Kami berharap santri khususnya dan bagi siapa saja umumnya tidak menjadikan materi sebagai kendala untuk menimba ilmu. Tetap semangat, Unipdu akan terus mencarikan beasiswa bagi siapapun yang semangat menimba ilmu disini," harap Gus Zuem. 

Sementara itu, perwakilan BUMN yang kali ini di wakili oleh Yurri Leonardi bebagai Area Manager BSI Surabaya Raya pemberian beasiswa santri ini merupakan bentuk komitmen BUMN dan BSI kepada pendidikan yang ada di Indonesia. 

"Kami harap santri yang mendapatkan beasiswa ini bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi, istiqomah dalam menerapkan nilai-nilai pondok pesantren. Kemudian bisa diimplementasikan dikehidupan berbangsa dan beragama kelak," ungkapnya. 

Menurutnya, santri merupakan orang terdidik yang digodok oleh Pondok Pesantren secara matang. Kelak jika melanjutkan diperguruan tinggi bisa menjadi jembatan bagi mereka untuk menuju kesuksesan. 

"Saya yakin, santri ketika sudah sukses mereka akan tetap amanah. Bisa berguna bagi bangsa dan agamanya," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES