Gaya Hidup

4 Hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pergi Liburan

Rabu, 01 Februari 2023 - 01:07 | 63.01k
Seorang wanita menari di pantai saat menikmari liburan. (FOTO: marymarkevich/Freepik)
Seorang wanita menari di pantai saat menikmari liburan. (FOTO: marymarkevich/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pergi liburan terkadang tidak hanya menguras uang namun juga pikiran kita. Pasalnya, banyak sekali pernak pernik yang harus disiapkan selama perjalanan berlibur untuk membuat anda dan anggota nyaman selama perjalanan.

Persiapan ini termasuk semua hal yang anda perlukan baik dalam perjalanan atau saat sudah sampai di tempat. Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang kita melupakan sesuatu setelah sampai di tempat tujuan. Dan hal tersebut sangat menjengkelkan, bukan?. 

Apalagi ketika kita tidak bisa mendapatkan barang tersebut dengan mudah di area yang kita lewati sebelum sampai ke tujuan. Namun, kami akan meringankan beban anda dan membuatkan daftar beberapa hal penting dan perlu anda persiapkan sebelum berangkat.

Daftar Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Liburan

1. Periksa Mesin Mobil

Pastikan mobil atau kendaraan yang akan anda tumpangi dalam kondisi baik. Periksa mesin, oli, radiator, rem, dan semua  kebutuhan  mmesin untuk memastikan anda dan keluarga tidak mengalami mogok di tengah jalan selama perjalanan.

Anda dapat membawanya ke bengkel lokal untuk mendapatkan bantuan jika dirasa kurang mengerti tentang mesin. Beri tahu para montir bahwa anda hanya ingin mengecek apakah mesin kendaraan tersebut masih cukup untuk membawa keluarga ke tempat tujuan.

2. Cuaca

Periksa cuaca di luar sebelum berangkat atau melalui perkiraan cuaca di internet sehari sebelum berangkat. Hal ini berguna untuk berjaga-jaga saat sudah keluar dari rumah. Seperti kita tahu cuaca Indonesia sangat tidak bisa ditebak, 5 menit yang lalu terang benderang namun 5 menit kemudian hujan mengguyur. 

Selain itu, dapat pula disiapkan beberapa perlengkapan sesuai dengan musim yang melanda saat itu. Saat musim hujan pastikan menyelipkan jas hujan atau payung di dalam tas. Atau saat musim panas, pastikan membawa tabir surya untuk melindungi kulit dari kontak langsung dengan sengatan matahari.

3. Kamera dan Charger

Kamera merupakan benda penting untuk dibawa pada saat liburan. Perangkat ini akan mengabadikan setiap momen yang dibuat. Tentunya Anda tidak ingin kehilangan momen terbaik untuk diabadikan dengan mengalami masalah baterai lemah, bukan?.

Dalam hal ini, membawa charger menjadi hal penting. Anda dapat meminta bantuan toko kecil setempat untuk mengisi daya ponsel atau kamera. Biasanya hanya diperlukan biaya Rp5 K sampai alat anda terisi penuh.

4. Kotak Obat

Meletakkan kotak P3K berukuran kecil di dalam tas yang dipergunaakn untuk bepergian akan sangat membantu saat diperlukan. Resiko mengalami kecelakaan atau luka memang sangat kecil, anmun tidak ada salahnya mempersiapkan obat-obatan yang diperlukan. 

Bawalah aspirin dan parasetamol atau resep medis tertentu yang dibutuhkan.Obatan-obatan yang wajib dikonsumsi rutin seperti  penderita diabetes juga wajib membawa obat mereka. Dikhawatirkan anda susah menemukan apotik selama perjalanan. 

Beberapa perlengkapan seperti plaster luka kecil, obat nerah juga penting untuk dibawa. obat masuk angin dan minyak angin juga merupakan hal yang penting untuk dibawa dan dipersiapkan saat liburan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES