Gaya Hidup

McDonald's Buka Gerai Serba Otomatis di Texas AS

Rabu, 01 Februari 2023 - 19:33 | 79.00k
Robot pelayan McDonald's Texas, AS. (Foto: Tangkapan layar)
Robot pelayan McDonald's Texas, AS. (Foto: Tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMcDonald's membuka gerai serba otomatis yang dijalankan dengan bantuan robot di White Settlement Texas, AS. Tempat ini merupakan gerai pertama restoran cepat saji serba otomatis di dunia. 

Hampir semua pekerja digantikan robot, dan ini membuat restoran kecil tersebut tampak sepi. Hanya beberapa pelanggan saja terlihat duduk di dalam rumah makan kecil tersebut.

Semenjak diberlakukan larangan makan di tempat saat pandemi melanda beberapa tahun lalu, gerai makanan cepat saji ini terlihat lebih sepi. Namun sejatinya, para pelanggan tetap berlalu lalang melaui jendela drive thru. 

McDonalds--b.jpgConveyer belt yang melayani jendela drive thru di gerai serba otomatis McDonald's Texas. (Foto: Tangkapan layar)

Cara ini dimaksudkan agar mengurangi interaksi langsung baik antara pegawai McDonald's dengan pelanggan. Hal ini juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan super cepat para pelanggan, terutama mereka yang terburu-buru.

Suasana Gerai Serba Otomatis McDonald's

Meskipun dikhususkan bagi para pecinta drive thru yang umumnya terburu-buru, rumah makan cepat saji kecil ini juga menerima pembeli yang ingin makan ditempat. Ruang makan gerai tersebut dapat menampung sekitar 30 orang. 

Di dalam gerai tersebut terdapat banyak mesin untuk memesan makanan, membayar makanan, bahkan robot penghantar makanan. Semuanya dilayani dengan mesin. Namun pihak McDonald's masih menugaskan seorang pekerja untuk berjaga-jaga jika ada pertanyaan dari pelanggan.

Sementara itu, di barisan drive thru anda tidak akan disapa senyum manis pegawai McDonald's. Anda akan diminta memesan makanan atau minuman yang anda inginkan melalui aplikasi di telepon anda dan membayar melalui online. 

Kemudian, anda hanya perlu mengemudikan kendaraan menuju ke tempat pengambilan pesanan dan mengambil pesanan anda. Bukan lagi diserahkan oleh pegawai McD berparas cantik atau tampan, namun pesanan anda akan dikirim melalui conveyor belt.

DEngan sistem baru tersebut diharapkan antrian para pelanggan di deretan drive thru akan berkurang. Para mesin yang digunakan juga dimaksudkan agar semua pesanan dapat dilayani dengan lebih cepat. 

Reaksi Netizen terhadap Gerai Serba Otomatis McDonald's

Kecanggihan teknologi yang diaplikasikan kedalam restoran cepat saji ini menuai pro kontra dari para netizen. Ada yang merasa hal tersebut unik, namun juga banyak cibirn datang dari mereka. 

Salah seorang pengguna Instagram @mrs_ancruzer memberikan komen pada unggahan video akun @kaansanity yang mengulas tentang gerai cepat saji serba otomatis tersebut. Menurutnya perubahan tersebut hanya akan menghilangkan kesempatan kerja bagi banyak pengangguran. 

"Tidak bagiku. Hentikan membuat segala sesuatu dengan bantuan teknologi robot, akan dikemanakan para pekerja yang bekerja di sana? Dukunglah bisnis yang memberikan lowongan pekerjaan bukan malah menghilangkannya," ungkapnya. 

Pengguna Instagram lain @xtrava_ganja menulis agar masyarakat mulai sadar dan memperbaiki kemampuan mereka. "Ini postingan bagus tentang akan tergantinya manusia meskipun pada tahap awal. Masyarakat perlu sadar dan meningkatkan diri. Belajar tentang kemampuan yang lebih bernilai yang tidak dapat digantikan oleh mesin," ungkapnya. 

Masih banyak lagi komentar negatif tentang penggantian tenaga manusia ke tenaga mesin di restoran cepat saji yang kini berubah menjadi gerai serba otomatis McDonald's tersebut. Restauran tersebut diyakini akan menjadi pilot project bagi otomatisasi gerai-gerai serupa yang tersebar di berbagai belahan dunia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES