Gaya Hidup

Menjaga Kesehatan Mata, Lakukan 7 Hal Mudah Ini

Kamis, 02 Februari 2023 - 04:16 | 107.82k
Menjaga kesehatan mata sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. (Foto: doktersehat.com)
Menjaga kesehatan mata sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. (Foto: doktersehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan mata sama pentingnya dengan menjaga anggota badan lainnya. Mata yang sehat adalah mata yang terbebas dari berbagai penyakit seperti mata kering, katarak, gangguan retina dan berbagai penyakit lainnya yang dapat mengganggu penglihatan seseorang.

Untuk menjaga kesehatan mata, kita perlu melakukan beberapa hal. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menghindari paparan sinar matahari langsung

Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah hindari paparan langsung sinar matahari atau kemasukan benda asing dengan menggunakan pelindung atau kacamata saat berada di luar ruangan maupun saat berkendara. Anda bisa memakai kacamata hitam saat keluar rumah pada siang hari.

2. Periksakan mata secara rutin

Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga lansia, dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali.

3. Hindari penggunaan gawai terlalu lama

Terlalu lama menatap layar gawai bisa mengganggu kesehatan mata seperti membuat mata lelah. Sebaiknya setelah 20 menit menatap layar gawai atau gadget secara langsung, palingkan mata selama 20 detik dengan melihat objek sejauh 20 meter.

4. Konsumsi makanan bernutrisi

Menurut American Academy of Ophthalmology, mengonsumsi makanan tinggi vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, zinc, menjadi cara tepat memelihara kesehatan mata.

5. Bersihkan bagian mata setelah memakai make up

Membersihkan sisa make up atau riasan yang diaplikasikan pada bagian mata juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan mata. Gunakan bahan yang aman agar mata tidak iritasi.

6. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata.

7. Tidur yang cukup

Tidur dengan cukup juga baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Tidur dapat membantu mata beristirahat secara total setelah digunakan beraktivitas seharian. Ketika kurang tidur, mata bisa lelah dan menyebabkan menurunnya penglihatan secara perlahan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES