Entertainment 1 Abad NU

QR Art KH Hasyim Asyari, Persembahkan Harlah 1 Abad NU

Kamis, 02 Februari 2023 - 12:51 | 133.90k
QR Art KH Hasyim Asyari karya Mr D One Finger. (Foto: Dok Doddy Hernanto)
QR Art KH Hasyim Asyari karya Mr D One Finger. (Foto: Dok Doddy Hernanto)
FOKUS

1 Abad NU

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seniman digital Doddy Hernanto atau yang dikenal Mr D One Finger, turut memeriahkan momen Harlah 1 Abad NU, dengan mempersempahkan lukisan QR Art KH Hasyim Asyari.

Tokoh pendiri NU ditampilkan dalam karya seni lukis yang memadukan analog dalam bentuk QR (quick response) dan unsur gambar di dalamnya. Karya seni ini sangat indah secara visual karena menampilkan lukisan KH Hasyim Asyari dengan  format kode seni QR bisa menghubungkan secara cepat dengan link berisi informasi tokoh yang dilukis hanya dengan menekan atau mengklik. 

Mr D One Finger mengatakan lukisan QR Art Hasyim Asyari ini dapat diakses melalui telepon pintar secara mudah. Caranya cukup memindai atau scan lukisan tersebut, secara otomatis akan terhubung dengan link berisi informasi lengkap terkait sosok KH Hasyim Asyari.

"Saya sangat mengagumi sosok KH Hasyim Asyari, karena kontribusinya untuk agama dan bangsa Indonesia yang sangat besar," kata Mr D One Finger. 

Doddy Hernanto menambahkan lukisan QR Art Hasyim Asyari juga memberikan edukasi dan tentang  jejak rekam digital sejumlah tokoh bagi anak-anak muda.

"QR Art KH Hasyim Asyari ini juga untuk menyampul 1 abad NU dan dapat ditampilkan kepada warga NU secara meluas," tambah Mr D One Finger. 

QR Art Hasyim Asyari Tampil di Harlah 1 Abad NU

Doddy Hernanto menyampaikan QR Art Hasyim Asyari akan tayang dalam rangkaian Harlah 1 Abad NU, pada agenda Muktamar Fikih Peradaban I yang akan digelar 6 Februari 2023 di Surabaya. 

Mr D One Finger mengaku sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk menampilkan karya seninya pada rangkaian 1 Abad NU ini. Dia menilai NU adalah organisasi yang dekat dengan pelaku seni. 

Dia juga berterima kasih kepada Kawoong Innovation yang digagas oleh Hadi Wardoyo, yang telah banyak mendukungnya dalam berkarya.

“Saya mengenal NU sejak Gus Dur jadi Presiden RI, dan sahabat-sahabat saya juga banyak yang di NU,” tutur pria kelahiran Mojokerto 24 November 1961 ini.

Mr D One Finger juga menyampaikan QR Art Hasyim Asyari ini juga memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan lukisan analog. Adanya QR Art ini bisa membuat karya ini bertahan lama dengan manfaatnya yang cukup besar, karena menghubungkan ke hyperlink konten yang berkaitan dengan biografi dan pemikiran sang kiai. 

"Tampukan QR Art Hasyim Asyari ini memiliki tampian lebih artistik, berkarakter personal dan unik," kata Mr D One Finger.

Doddy Hernanto juga menambahkan bahwa QR Art Hasyim Asyari ini bisa disorot dengan kamera gawai atau google lens akan muncul jejak rekam digital, gambar statis, file, video art, teks atau, link berita atau halaman web bahkan untuk eBook, eMagazine maupun perpustakaan digital. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES