Ekonomi

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto Dorong Hilirisasi Industri

Kamis, 02 Februari 2023 - 21:37 | 61.10k
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto usai mengunjungi PT Petro Oxo Nusantara (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto usai mengunjungi PT Petro Oxo Nusantara (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Menko Perekonomian RI Airlangga Hartanto mendorong perusahaan melakukan hilirisasi industri. Hal ini disampaikannya saat berkunjung ke PT Petro Oxo Nusantara (PON) Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Menurut Airlangga, perusahaan yang mendukung program hilirisasi industri dari pemerintah harus mempunyai roadmap sehingga perusahaan yang berkembang menciptakan produk-produk hilir.

"Hal ini sangat mendukung kebijakan pemerintah saat ini yaitu meningkatkan nilai ekspor dan menekan impor yang diharapkan dapat menjadip emicu pertumbuhan ekonomi," katanya didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kamis (2/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Menko Airlangga dan Menteri Perindustrian Agus melihat dekat proses produksi (plant tour) dan tehnologi yang digunakan di pabrik PT PON.

Setelah itu, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan capaian, prospek, dan tersebut mendapatkan respon baik serta diskusi yang membangun juga renjana jangka panjang perusahaan ke depan. 

Sementara itu Presiden Direktur PT PON, Jaya Martapa menambahkan Menko RI telah memberikan arahan semakin kuat dan lebih maju. 

"Jadi pak menko pesan seperti itu, perusahaan harus tetap kuat dan inovasi," ujarnya.

Jaya menambahkan, pihaknya berkontribusi dalam hilirisasi dengan membangun pabrik baru. Intinya, tidak akan berhenti di dua produk tersebut. 

Sesuai arahan Presiden Jokowi, hilirisasi industri adalah untuk mencegah impor. Bahkan, menurit Jaya, PT PON sudah melakukan hal tersebut.

"Kita berusaha mengurangi impor, caranya kita bekerjasama dengn kemenperin dua tahun lalu yang impor hanya user. Jadi produsen langsung, tidak lewat pihak ketiga," imbuh dia usai mendampingi Menko Airlangga Hartanto yang mendorong hilirisasi industri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES