Ekonomi

Pendukung Bandara Dhoho Kediri, Infrastruktur Jalan Jadi Perhatian

Kamis, 02 Februari 2023 - 23:06 | 127.70k
Salah satu ruas jalan di Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri (FOTO: Yobby/TIMES Indonesia)
Salah satu ruas jalan di Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri (FOTO: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Infrastruktur pendukung Bandara Dhoho Kediri terutama jalan, menjadi menjadi fokus, bersamaan dengan berjalannya pembangunan bandara tersebut. 

Salah satu jalan pendukung utama Bandara Dhoho Kediri adalah tol Kediri-Tulungagung (KiAgung), dimana nantinya ada Simpang Susun Bulawen di Kecamatan Banyakan. Saat ini sendiri untuk pembangunan tol KiAgung tengah memasuki masa pembebasan tanah di 2 wilayah prioritas utama yakni Desa Manyaran dan Desa Tiron. 

Tol KiAgung juga akan didukung oleh Jembatan Baru Jong Biru yang rencananya mulai dikerjakan Bulan Mei 2023 mendatang berkolaborasi dengan Kementerian PUPR dengan anggaran Rp 38 miliar. 

Infrastruktur pendukung prioritas itu dibahas dalam pertemuan antara pihak Pemkab Kediri dengan PT Surya Dhoho Investama (SDHI) dan PT Surya Kertaagung Toll. Pertemuan tersebut digelar pada Rabu (01/02/2023) kemarin.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyampaikan dengan adanya Simpang Susun Bulawen tersebut, wilayah Kecamatan Banyakan diharapkan bisa menjadi episentrum baru di Kabupaten Kediri. 

Di Kabupaten Kediri, saat ini baru wilayah Kecamatan Pare dan Ngasem yang masuk wilayah perkotaan. Simpang Susun Bulawen dengan panjang 550 meter itu nantinya akan berpengaruh pada pertumbuhan daerah sekitar.

"Adanya Simpang Susun Bulawen ini diharapkan ada pertumbuhan ekonomi yang baik di barat sungai," kata Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. 

Selain infrastruktur yang menjadi prioritas tersebut, dalam pertemuan itu juga dibeberkan rencana peningkatan ruas jalan Gringging dari Pemprov Jawa Timur dengan anggaran Rp 25 miliar. Kemudian, peningkatan jalan PB Sudirman penghubung Banyakan-Tiron. 

Untuk peningkatan ruas jalan ini, Pemerintah Kabupaten Kediri mendapatkan Bantuan Keuangan (BK) dari Pemprov Jawa Timur Provinsi sebesar Rp10 miliar. Nantinya jika terdapat sisa anggaran dari peningkatan jalan PB Sudirman, direncanakan  turut menyusul peningkatan Jalan Jawa atau ruas Gringging-Tiron.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri Irwan Chandra pernah mengungkapkan untuk wilayah Manyaran dan Tiron sejumlah jalan juga akan dilakukan pelebaran dan perbaikan. "Akses untuk  underpass dan overpass nantinya akan kita perbaiki," ujarnya beberapa waktu lalu. 

Sementara itu, terkait progres pembangunan bandara Direktur PT SDHI Maksin Arisandi mengungkapkan progres pembangunan Bandara Dhoho Kediri sudah 72,41 persen atau masih sesuai jadwal untuk mencapai target operasional bandara di Bulan Oktober 2023.

Terkait jalan, ditambahkan Maksin, ada kegiatan pengalihan jalan yang menjadi kewajiban SDHI untuk mengganti jalan terdampak langsung bandara, maupun jenis jalan yang dikerjakan untuk mempermudah aksesibilitas masyarakat sekitar bandara.

"Khususnya yang berada di sebelah selatan proyek bandara misalnya di Selang, Kalipang maupun Bulusari," ujarnya. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES