Ekonomi

PT SMU Majalengka Pasarkan Produk UMKM di Gerai Raharja

Jumat, 03 Februari 2023 - 11:35 | 129.14k
Produk UMKM Majalengka yang dipasarkan di Gerai Raharja. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)
Produk UMKM Majalengka yang dipasarkan di Gerai Raharja. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Bangunan Gerai Raharja yang berada di jalan KH. Abdul Halim Kabupaten Majalengka, Jawa Barat kini digunakan PT Sindangkasih Multi Usaha (PT SMU) sebagai tempat untuk media promosi dan penjualan beragam produk UMKM lokal.

"Gerai Raharja dibangun oleh Pak bupati tahun 2022 itu untuk memfasilitasi para pelaku usaha UMKM dan ekonomi kreatif yang ada di Majalengka," ujar Direktur Utama PT SMU Majalengka, Dede Sutisna, Jumat (3/2/2023).

Setelah aset milik Pemkab Majalengka itu selesai dibangun, maka pihaknya mengambil peluang dengan memanfaatkan fasilitas tersebut untuk memasarkan berbagai produk-produk UMKM yang dikelolanya. 

"Kami berinisiatif mengajukan permohonan pemanfaatan aset tersebut untuk dikelola oleh BUMD PT Sindangkasih Multi Usaha sebagai offtaker produk UMKM lokal Majalengka," jelasnya. 

Dikatakannya, bahwa terhitung sebulan berjalan bahwa aktivitas promosi maupun pemasaran sudah mulai diefektifkan seiring dengan dilakukannya penataan desain agar lebih menarik dari segi tampilannya. 

Di samping itu, imbuhnya, dengan menempati Gerai Raharja itu pihaknya merasa akan lebih konsen lagi karena mempunyai fasilitas yang bisa digunakan untuk menampung produk lain yang akan dipromosikan sekaligus dipasarkan.

Produk-UMKM-Majalengka-b.jpg

Dede menyebutkan, secara umum varian produk UMKM Majalengka yang dipromosikan sekaligus dipasarkan langsung di Gerai Raharja ini ialah fashion atau sandang, kuliner dan kriya berupa kerajinan tangan.

"Untuk jenis sandang yang sudah tersedia adalah produk dari Batik Miranti. Kemudian kuliner dengan berbagai macam olahan makanan kemasan khas Majalengka dan kerajinan tangan yang terbuat dari bambu, rotan dan lain-lain," jelasnya.

Ia menambahkan, tidak menutup kemungkinan seiring waktu berjalan untuk produk lain yang selama ini sudah bekerja sama dengan PT SMU Majalengka juga bisa masuk di Gerai Raharja tersebut.

Dalam pengembangannya ke depan, Dede mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pembangunan khusus di area interior dan eksterior. Area interior ditujukan untuk tiga produk sandang, pangan dan hasta karya.

Kemudian, lanjutnya, pembangunan eksterior di halaman depan gedung akan  dibuat outlet atau semacam counter.  Sebuah tempat promosi untuk memasarkan kerajinan tangan yang sifatnya tahan terhadap suhu udara, serta akan dibangun tempat khusus untuk kuliner.

"Dalam pengembangan ke depannya kita akan bangun tempat khusus di halaman luar Gerai Raharja untuk aktivitas promo dan penjualan bagi produk kerajinan tangan dan kuliner," ungkapnya.

Menurutnya, selain digunakan untuk ruang promosi agar bisa meningkatkan pengembangan market produk para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif Kabupaten Majalengka, Gerai Raharja ini pun sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai stock file produk yang selama ini tidak tertampung di kantor PT SMU Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES