Pemerintahan

Videotron Pemkab Ngawi Tampilkan Gambar "Bersemut", Rusak?

Rabu, 08 Februari 2023 - 19:17 | 156.15k
Videotron di simpang Kartonyono Ngawi, menampilkan gambar 'bersemut'. (FOTO: Miftakul/TIMES INDONESIA)
Videotron di simpang Kartonyono Ngawi, menampilkan gambar 'bersemut'. (FOTO: Miftakul/TIMES INDONESIA)

TIMESINDONESIA, NGAWIVideotron milik Pemkab Ngawi yang berada di perempatan Kartonyono sempat hanya menampilkan gambar "bersemut". Reklame digital yang menayangkan informasi seputar kegiatan Pemkab Ngawi itu, tidak menampilkan tayangan-tayangan seperti biasanya.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Ngawi Ambar Adhi Prasetyo saat dikonfirmasi membenarkan kondisi videotron yang sempat menayangkan gambar bersemut. Ambar menyatakan, perangkat videotron tidak dalam kondisi rusak. Akan tetapi mengalami kendala pada sistem.

"Ada masalah pada sistem. Minta pembaruan," kata Ambar kepada TIMES Indonesia, pada Rabu (8/2/2023).

Ambar menyampaikan, kejadian serupa bukan kali pertama pada videotron di simpang empat Kartonyono itu. Beberapa kali, Ambar mengakui videotron mengalami kendala serupa. Akar masalah dari penayangan videotron yang tidak seperti biasanya, disebabkan banyak faktor. Seperti sistem, hingga kabel piranti yang longgar.

"Terkadang saat memutar video yang resolusi besar, tayangannya bisa macet. Cuma masalah sitem, bukan pada perangkatnya," ujar Ambar.

Videotron yang berada tepat di samping tugu Gading Kartonyono sudah habis masa garansi perawatan dari vendor, pada bulan Desember 2022 lalu. Sejak saat itu, hingga seterusnya, perawatan videotron menjadi tanggung jawab sepenuhnya Pemkab Ngawi melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian.

Ambar-Adhi-Prasetyo.jpgKabid Aplikasi dan Informatika, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Ngawi, Ambar Adhi Prasetyo. (FOTO: Miftakul/TIMES Indonesia)

Ambar menyampaikan, perangkat videotron di perempatan Kartonyono memiliki spesifikasi yang lebih bagus ketimbang videotron di Kabupaten Ngawi yang ditempatkan di lokasi lain. Kata Ambar, videotron itu masih dapat menampilkan gambar dengan kualitas yang optimal selama 2-3 tahun. Setelahnya, akan ada penurunan kualitas.

"Kalau kita belajar dari videotron yang ada di jalan Hasanudin, kalau sudah 2-3 tahun ada kendala. Tetapi tidak urgent. Seperti pada kipas pendingin LED, kualitas gambar yang menurun, dan lainya," ucapnya.

Videotron di simpang empat Kartnyono Ngawi sempat hanya menampilkan gambar bersemut. Kejadian itu terjadi sejak pagi hari hingga tengah hari. Untuk saat ini, videotron sudah menampilkan tayangan video secara normal kembali. 

Lebih lanjut, terkait kendala teknis pada videotron di perempatan Kartonyono dapat diatasi oleh dinas tersebut. Seperti halnya kejadian videotron yang menampilkan gambar bersemut, dapat diatasi secara remote dari pusat kendali videotron di kantor Kominfo Ngawi. Kendati demikian, kejadian seperti itu tidak menutup kemungkinan masih bisa terjadi kembali.

"Kalau kita bicara sistem, mungkin masih bisa terjadi lagi. Kita secara rutin melakukan pemantauan melalui cctv. Jika ada kendala, asal videotron di Kartonyono Ngawi tidak mati total, masih bisa kita remote," papar Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Ngawi Ambar Adhi Prasetyo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES