Indonesia Positif

DPD KNPI Kabupaten Kediri Masa Bakti 2022-2025 Dikukuhkan 

Rabu, 08 Februari 2023 - 23:29 | 94.40k
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat mengikuti pengukuhan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Kediri periode 2022-2025. (Foto: Dok Pemkab Kediri)
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat mengikuti pengukuhan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Kediri periode 2022-2025. (Foto: Dok Pemkab Kediri)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Kediri periode 2022-2025 resmi dikukuhkan. 

KNPI Kabupaten Kediri yang dinahkodai Mohammad Ghupron, berharap bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan karang taruna dan organisasi lain di Kabupaten Kediri.

"Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kediri," tutur Mohammad Ghupron, Rabu, (08/02/2023). 

Sekretaris DPD KNPI Jawa Timur Achmad Nur Aminuddin yang hadir dan melantik kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Kediri, menuturkan organisasi kepemudaan ini dapat menjadi bagian yang mendukung program pemerintah.

Dalam hal ini, KNPI harus dapat bersinergi dengan pemerintah dalam rangka membangun integrasi bangsa. Organisasi KNPI harus menjadi bagian diantara masyarakat dan negara. KNPI diharapkan menjadi pionir kekuatan kepemudaan yang mendukung program pemerintah.

Dia pun menilai saat ini pemuda telah menempati di ruang-ruang politik dalam konteks kenegaraan. Di Jawa Timur, lanjut dia, banyak pemimpin daerah berasal dari kalangan pemuda. Salah satunya Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. "Ini adalah kekuatan pemuda diwujudkan dalam kiprah terhadap negara dan bangsa," tuturnya.

KNPI-Kabupaten-Kediri-2.jpg

Sementara itu Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang juga turut hadir dalam kesempatan pengukuhan tersebut  berpesan kepengurusan KNPI yang baru harus bisa mengakomodir Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) di Kabupaten Kediri serta memiliki tujuan yang jelas.

KNPI juga diminta membuat program kerja prioritas yang dapat dirasakan manfaatnya secara langsung bagi masyarakat. Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menegaskan ketika program dibuat terlalu banyak, yang biasa terjadi hasilnya tidak akan efisien. Untuk itu, kepengurusan yang baru ini diharapkan dapat fokus pada satu atau dua program.

Dari sekian banyak visi misi KNPI, orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu menyoroti salah satu point yakni berperan aktif dalam memaksimalkan potensi dan aksesibilitas ekonomi digital. 

Berangkat dari visi misi tersebut, Mas Dhito mencontohkan, KNPI bisa membuat program yang manfaatnya dapat dirasakan untuk memajukan pelaku UMKM di Kabupaten Kediri.   "Karena pemulihan ekonomi ini tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, tapi harus berjalan beriringan dengan teman-teman pemuda," ungkap Mas Dhito.

Peran pemuda dalam hal ini KNPI dinilai sangat penting bagi masa depan bangsa, khususnya di Kabupaten Kediri. Apalagi, pada Oktober 2023 bandara di Kabupaten Kediri sudah mulai beroperasi.

Disisi lain, pada tahun 2030 mendatang Indonesia  akan mengalami puncak bonus demografi dimana jumlah penduduk produktif lebih banyak dibandingkan usia non produktif. 

"Di tahun 2023 sampai tahun 2030, kita punya waktu tujuh tahun di situlah ada pertumbuhan ekonomi yang saya harapkan eksponensial," tuturnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES