Entertainment

Film Panjang Buya Hamka, Babak Pertama Tayang Lebaran 2023 

Jumat, 24 Maret 2023 - 08:42 | 132.71k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Film biopik Buya Hamka menjadi film terpanjang yang diproduksi. Film ini total berdurasi selama 7 jam. 

Fajar Nugros, sutradara film ini mengatakan sang ulama berumur panjang, dan setiap masa hidupnya menarik untuk diikuti. "Makanya jadi film besar, dari lahir sampai dewasa semuanya menarik," kata Fajar disela pemutaran terbatas film Buya Hamka, Kamis (23/3/2023).

Ia juga mengatakan proses produksi sudah dimulai sejak tahun 2014 silam. Kata Fajar, penulisan skenario saja sampai empat tahun. Sebab membuat film biopik harus banyak riset. "Banyak riset ya, nggak bisa asal-asalan," imbuhnya. 

Fajar dan tim produksi menggali riset ke PP Muhammadiyah, MUI dan sumber data lainnya. 

Tak itu saja, film Buya Hamka juga disebut sebagai film termahal yang pernah diproduksi di Indonesia. Meski tak dirinci, namun fajar mengatakan biaya riset mencapai Rp 1 miliar dan biaya merias sang aktor utama, Vino G Bastian, mencapai Rp 3 miliar.

buya-hamka-3.jpg

Pada trailer yang sudah dirilis, film ini terbagi menjadi tiga babak.

Babak pertama akan tayang pada Lebaran 2023 mendatang. Film yang dibintangi Vino G Bastian itu mengisahkan perjalanan hidup Pahlawan Nasional, ulama besar sekaligus sastrawan bernama asli Abdul Malik Karim Amrullah. 

Buya Hamka menjadi pengurus Muhammadiyah di Sumatera Timur. Di bawah kepemimpinannya, Muhammadiyah tumbuh menjadi organisasi Islam terbesar di daerah tersebut. 

Pada babak pertama itu, juga diceritakan, Buya menjadi Pimpinan Redaksi majalah pedoman Masyarakat. Sayang Jepang tak suka, hingga majalah tersebut harus ditutup. 

Kepedihan juga menimpa keluarga Buya, di mana salah satu anaknya meninggal dunia karena sakit. 

Pada masa itu Buya juga dianggap sebagai penjilat karena hubungannya dengan Jepang yang dinilai politis. Karena itulah ia didesak untuk mundur dari jabatannya sebagai pengurus Muhammadiyah. 

Babak kedua film Buya Hamka menceritakan keputusan Buya untuk berkeliling Medan. Tujuannya untuk mengajak warga tetap bersatu atara tokoh agama dan militer, supaya tidak diadu domba. Sayang Buya malah tertembak dan difitnah ikut pergerakan pemberontakan pada Soekarno. 

vinogbastian.jpg

Babak ketiga, kembali ke masa kanak-kanak Buya Hamka. Ia terlahir dengan nama Abdul Malik Karim Amrullah. Buya kecil diharapkan dapat menjadi seorang yang berilmu dan beragama. 

Saat kecil ia sudah tertarik dengan sastra. Karena itu ia kerap bersilang pendapat dengan ayahnya. Di usia remaja, Buya memutuskan pergi ke Mekkah untuk naik haji sekaligus belajar. 

Kehidupan Buya selama di Mekkah cukup sulit. Ia harus belajar juga bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Film Buya Hamka diperankan oleh Vino G Bastian, Laudya Chintya Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Mawar De Jongh, Mathias Muchus, Verdi Solaiman, dan lainnya. Film ini dijadwalkan tayang di seluruh bioskop pada 20 April 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES