Religi

Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke-6 Seperti Pahala Tawaf

Senin, 27 Maret 2023 - 15:13 | 65.70k
Ilustrasi Shalat Tarawih di bulan Ramadan. (TIMES Indonesia)
Ilustrasi Shalat Tarawih di bulan Ramadan. (TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keutamaan Shalat Tarawih malam ke-6 merupakan bagian penting lebih lanjut yang perlu umat muslim ketahui. Semua hal yang dilakukan terkait ibadah di malam Ramadan 2023 ini maka pahala yang akan didapatkan seperti melakukan pahala tawaf.

Malam demi malam di bulan Ramadan telah dilalui, dan pada malam ke-6 ini Allah juga menjanjikan fadhilah besar kepada semua umat muslim jika mampu melaksanakan shalat tarawih dengan maksimal. Nilai ibadah tersebut bahkan menjadi perlu untuk diupayakan bagi umat muslim yang belum berkesempatan melakukan ibadah haji atau umrah.

Semua aspek terkait keutamaan untuk melakukan shalat tarawih pada malam nanti juga akan memberikan satu isyrat bahwa Alllah selalu menunjukkan keagungannya dengan memberikan banyak sekali fadhilah utama. Semakin hari dan semakin jauh Ramadan dijalankan maka nilai pahala dari Allah juga semakin besar.

Keutamaan Shalat Tarawih Malam ke-6 Ramadan

Pertimbangan lain yang perlu mendapatkan perhatian dari semua umat muslim adalah bahwa ada banyak sekali riwayat yang berusaha memperkuat adanya pendapat fadhilah mengenai pelaksanaan shalat tarawih di malam nanti.

Salah satunya adalah bersumber dari kitab Durrotun Nasihin yang menjelaskan Keutamaan Shalat Tarawih malam ke-6, bahwa.

وفى الليلة السادسة اعطاه الله تعالى ثواب من طاف بالبيت المعمور ويستغفر له كل حجر ومدر

Yang artinya “Pahala keutamaan bagi yang melaksanakan shalat tarawih pada malam yang ke 6, maka Allah Swt memberikan pahala pada yang Sholat Tarawih sebagaimana pahalanya orang yang Thawaf di Baitul Makmur dan setiap batu dan tanah memintakan ampunan padanya.”

Sesuai dengan penjelasan tersebut maka perlu ada upaya lebih baik dan detail dari semua umat muslim mengenai dianjurkannya melaksanakan ibadah shalat tarawih pada nanti malam. Apalagi jika nilai ibadahnya disamakan dengan pahala orang yang sedang melakukan tawaf.

Tawaf sendiri merupakan ibadah yang dilakukan pada saat muslim melakukan ibadah haji atau umrah. Dalam ibadah tawaf ini diyakini bisa memberikan ampunan karwna setiap tanah dan batu disekitarnya juga akan memohon ampunan kepada Allah.

Oleh sebab itulah maka Keutamaan Shalat Tarawih malam ke-6 wajib untuk dimaksimalkan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES