Religi TIMES Ramadan

Keutamaan Shalat Tarawih ke-9, Pahala Ibadah Para Nabi

Kamis, 30 Maret 2023 - 17:32 | 135.12k
Ilustrasi Shalat Tarawih. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi Shalat Tarawih. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keutamaan shalat tarawih ke-9 merupakan bagian penting yang akan diberikan kepada semua umat islam saat melaksanakan tarawih Ramadan 2023 malam nanti. Keutamaan serta fadhilah tersebut bahkan telah Allah janjikan langsung seperti pahala para utusan Allah ke dunia.

Kualitas ibadah pada saat bulan Ramadan perlu untuk dimaksimalkan dan sayang jika ditinggalkan. Oleh sebab itulah banyak sekali anjuran yang memberika saran untuk selalu berusaha semaksimal mungkin dalam beribadah kepada Allah.

Meski status dari shalat tarawih ini adalah Sunnah muakkad, akan tetapi perlu diketahui juga bahwa Nabi Muhammad tentu juga ikut memberikan anjuran sehingga perlu ada upaya untuk melaksanakan ibadah ini jika tidak ada halangan dan aspek darurat, apalagi banyak sekali manfaat seperti pada Keutamaan shalat tarawih ke-9.

Upaya untuk bisa berkontribusi lebih baik dalam melaksanakan ibadah tersebut secara akumulasi juga bisa memberikan dampak tersendiri kepada proses perbaikan diri dihadapan Allah. Sehingga Ramadan benar-benar menjadi bulan suci yang menyempurnakan.

Keutamaan Shalat Tarawih ke-9 seperti Pahala Ibadah Para Nabi

Pertimbangan pertama yang tentunya perlu untuk diperhatikan tentu keutamaan ini berdasar pada suatu kitab besar dan selalu menjadi rujukan umat islam dalam melaksanakan ibadah, salah satunya adalah puasa Ramadan. Sumber tersebut tentu saja kitab Durrotun Nasihin yang menjelaskan bahwa,

وفى الليلة التاسعة فكأنما عبد الله تعالى عبادة النبى عليه الصلاة والسلام

Yang artinya “Pahala keutamaan sholat tarawih pada malam yang ke 9 adalah seolah-olah orang yang melakukan ibadah shalat tarawih pada malam ke 9 ia akan mendapat pahala sepeti pahala beribadah pada Allah sebagaimana ibadahnya para Nabi As.”

Melalui riwayat penting ini maka bisa diambil kesimpulan bahwa kualitas ibadah yang akan dilaksanakan pada malam nanti seperti pahala para nabi. Aspek kenabian yang tentunya mengemban amanah besar untuk memperbaiki umat tentunya memiliki keistimewaan tersendiri, hal inilah yang berusaha Allah jelaskan kepada umat islam.

Semoga dengan adanya pahala Keutamaan shalat tarawih ke-9 umat islam bisa mengambil pelajaran berharga (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES