Religi

Masyaallah, ini Manfaat Luar Biasa Membaca Alquran di Bulan Ramadan 

Minggu, 02 April 2023 - 05:27 | 125.31k
Mengaji di bulan Ramadan penuh berkah dan pahala (FOTO: haibunda.com)
Mengaji di bulan Ramadan penuh berkah dan pahala (FOTO: haibunda.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tadarus atau membaca Alquran salah satu ibadah yang ramai-ramai dilakukan oleh umat muslim saat Ramadan

Suara mengaji dari anak-anak hingga orang dewasa berkumandang melalui pengeras suara di setiap masjid. Suasana yang khas sekali saat Ramadan. 

Umat muslim berlomba-lomba untuk menkhatamkan Alquran. Sebab Allah menjanjikan bagi siapa saja yang membaca Alquran di bulan Ramadan, akan dilipatgandakan pahalanya. 

Bahkan satu huruf yang dibaca akan diganjar dengan 10 kebaikan. 
Sabda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469). 

Selain pahala yang berlipat, berikut keutamaan membaca Alquran.

Mendapat syafaat di hari kiamat

Muslim yang rajin membaca Alquran akan mendapat syafaat di hari kiamat. 

Sesuai dengan hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Muslim. 

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ الْبَقَرَةَ وَسُورَةَ آلِ عِمْرَانَ فَإِنَّهُمَا تَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ تُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلاَ تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

“Bacalah Alquran karena Alquran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi’ (pemberi syafa’at) bagi yang membacanya. Bacalah Az Zahrowain (dua surat cahaya) yaitu surat Al Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan yang lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut. Bacalah pula surat Al Baqarah. Mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya.” (HR. Muslim no. 1910).

Penerang di alam kubur

Membaca Alquran merupakan amalan yang dapat menerangi di alam kubur. 

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa ketika seorang mukmin meninggal dunia, dikatakan kepadanya:

"'Hamparkanlah untuknya (permadani) dari surga, pakaikanlah untuknya (pakaian) dari surga, dan bukakanlah baginya pintu yang menuju surga. Maka sampailah kepadanya aroma dan keindahan surga itu, dan kubur pun dilapangkan baginya sejauh mata memandang.'

Kemudian datang kepadanya seorang laki-laki yang berwajah tampan, pakaiannya bagus dan aromanya wangi sembari berkata, 'Bergembiralah dengan sesuatu yang telah menyenangkanmu, ini adalah hari yang dahulu kamu dijanjikan.' la (orang mukmin) pun bertanya, 'Siapakah kamu, wajahmu adalah wajah yang membawa kebaikan?' 

la menjawab, 'Aku adalah amal salehmu.' Akhirnya ia (orang mukmin) berkata, 'Wahai Tuhanku, tegakkanlah kalimat agar aku bisa kembali kepada keluargaku dan hartaku.'" (HR. Ahmad)

Memperoleh rahmat dan lindungan dari malaikat 

Istikomah membaca Alquran akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Selain itu Allah juga akan menggerakkan malaikat untuk selalu menjaga kita dari segala kejahatan yang tampak dan tidak tampak. 

Ditingkatkan derajat dan wibawa

Membaca ALquran bisa meningkatkan derajat dan wibawa seseorang. Hal tersebut sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari. 

“Orang-orang yang hebat dalam membaca Alquran akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan da taat pada Allah SWT  dan orang orang yang terbata bata membaca Alquran lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala.” (HR. Bukhari). 

Tak hanya derajat diri sendiri, tapi membaca Alquran juga bisa meningkatkan derajat orang tua. 

“Barang siapa yang membaca Alquran dan mengamalkannya semata-mata karena Allah SWT maka Allah akan memberikan mahkota dikepala kedua orangtuanya dan kenikmatan pada hari kiamat dan akan terlihat lebih terang daripada sinar matahari sehingga kamu tidak akan menduganya bahwa ganjaran itu dikarenakan amalan-amalan si pembaca Alquran itu.” (HR. Abu daud).

Hidup lebih tenang dan damai 

Membaca dan meresapi seluruh bagian dari Alquran membuat kita lebih tenang dalam menjalani kehidupan. 

Sesuai dengan janji Allah pada QS Ar Ra'd ayat 28. 

"Orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat dengan Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingatnya Allahlah, hatimu menjadi tenteram.”

Menciptakan perilaku mulia

Keutamaan membaca Alquran adalah menciptakan perilaku yang mulia. 

“Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Alquran serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari)

Begitu mulianya Alquran dan keutamaan membacanya, maka sayang jika kita melewatkan waktu yang berharga ini dengan sia-sia. Perbanyak amal ibadah di bulan Ramadan terutama membaca Alquran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES