Peristiwa Nasional

Megawati Soekarnoputri Resmikan KRI Bung Karno-369 di Hari Lahir Pancasila, Ada Haru dan Bangga

Kamis, 01 Juni 2023 - 19:36 | 96.54k
Megawati bersama Panglima TNI dan KSAL berpose di depan KRI Bung Karno. (Foto: Antara)
Megawati bersama Panglima TNI dan KSAL berpose di depan KRI Bung Karno. (Foto: Antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – dir="ltr">Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia, meresmikan kapal perang tipe korvet bernama KRI Bung Karno-369. Peresmian ini dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil TNI Angkatan Laut, Jakarta pada Kamis, 1 Juni 2023.

Acara tersebut disaksikan oleh Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali. Tampak juga beberapa petinggi Polri dan pejabat setempat.

Peresmian dilakukan bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. Upacara peresmian tersebut membawa makna khusus. Megawati menegaskan bahwa kapal perang ini diresmikan sebagai bagian dari jajaran TNI Angkatan Laut.

"Dengan ini KRI Bung Karno dengan nomor 369 saya resmikan untuk jajaran TNI Angkatan Laut," ujar Megawati Soekarnoputri pada acara peresmian tersebut sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Antara.

Megawati yang juga putri dari Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, mengungkapkan kebanggaannya melihat nama ayahnya diabadikan pada KRI tersebut.

Peresmian kapal ini menjadi momen bersejarah yang juga dimeriahkan oleh kehadiran anggota keluarga Soekarno lainnya, termasuk Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra, dan cucu Bung Karno, Puan Maharani, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI.

KRI Bung Karno-369 dibuat oleh perusahaan dalam negeri, PT Karimun Anugrah Sejati, di Batam, Kepulauan Riau. Kapal ini dipesan pada 21 Juni 2022 dan selesai dibangun dalam waktu satu tahun. KRI Bung Karno-369 akan menggantikan KRI Barakuda-633 yang telah beroperasi selama kurang lebih 30 tahun sebagai kapal kepresidenan.

Megawati dan rombongan berkesempatan meninjau isi kapal pasca peresmian. Setelah berkeliling, Megawati, Panglima TNI, dan Kepala Staf TNI AL berfoto bersama di depan KRI Bung Karno-369, menandai dimulainya era baru bagi TNI Angkatan Laut Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES