Kesehatan

Susah Tidur? Atasi dengan Rekomendasi Aroma Terapi Alami Ini

Selasa, 18 Juni 2024 - 02:24 | 18.79k
Ilustrasi - Mengatasi susah tidur dengan aroma terapi (Foto: mashable/sleepace)
Ilustrasi - Mengatasi susah tidur dengan aroma terapi (Foto: mashable/sleepace)

TIMESINDONESIA, JAKARTASusah tidur merupakan salah satu permasalahan yang banyak dialami oleh kebanyakan orang, tidak pandang tua maupun muda.

Penyebab susah tidur bisa bermacam-macam bisa dikarenakan kondisi medis tertentu, terlalu sering begadang, mengkonsumsi kafein berlebih, tempat yang kurang nyaman, dan juga stress.

Tapi tahukah kalian jika menggunakan aroma terapi merupakan salah satu cara agar kalian bisa tidur lebih cepat dan nyaman, terlebih jika kalian menderita insomnia. Selain membuat pikiran tenang, badan akan lebih rileks dan nyaman.

Aroma terapi merupakan perawatan untuk memulihkan kembali kondisi fisik dan psikis, dengan menggunakan ekstrak alami tumbuhan. Produknya bisa berbagai macam, dan yang paling sering ditemui berbentuk lilin atau minyak essensial dengan bantuan uap diffuser.

Jika kalian bingung ingin memilih varian yang pas, berikut adalah rekomendasinya.

1. Lavender

Siapa yang tidak kenal bunga satu ini. Dengan banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya, lavender juga bisa membantu kalian untuk tidur dengan nyenyak.

Kalian bisa berendam dalam air hangat yang dicampur minyak essensial, meneteskannya di bantal, atau menggunakannya dalam bentuk lilin.

Lavender bekerja dengan cara melambatkan sistem saraf, sehingga dapat meredakan detak jantung yang terlalu cepat dan mudah rileks.

2. Bergamot

Buah yang memiliki nama latin Citrus Bergamia ini mirip dengan jeruk, dan merupakan hasil dari persilangan lemon dengan jeruk pahit.

Baunya yang menyegarkan dapat membuat kalian siap beraktivitas jika digunakan di pagi hari, dan bisa meringankan stress jika digunakan pada malam hari sebelum tidur.

Kalian bisa bereksperimen untuk mencampur aroma bergamot dengan aroma lain, agar dpaat menenangkan pikiran sehingga lebih mudah terlelap.

3. Kamomil

Jka kalian banyak menemukan varian kamomil dalam teh, maka kalian harus memasukkanya ke dalam aroma terapi juga.

Atau kalian bisa juga memadukan teh kamomil dan menggunakan aroma terapi kamomil sebelum tidur, agar tidur malam lebih nyenyak.

Aromanya yang harum dan ringan dapat mendorong ketenangan, dan membuat tubuh serta pikiran kembali rileks dari stress.

Jadi untuk kalian yang tidak tahan dengan aroma yang terlalu manis, aroma terapi ini bisa mejadi pilihan.

4. Kayu Cendana

Dengan nama lain Sandalwood, tanaman ini merupakan salah satu yang memiliki aroma manis yang efektif untuk meredakan stress, gejala kecemasan, dan memberikan efek sedatif yaitu efek dimana turunnya kepekaan terhadap rangsangan dari luar sehingga dapat menyebabkan tidur pulas.

5. Vanilla

Pilihan aroma satu ini memang tidak asing di hidung kita. Selain aromanya yang manis, vanilla juga biasa digunakan untuk relaksasi pereda stress, dan cocok untuk kalian yang sedang memiliki banyak pikiran agar lebih tenang.

Selain itu aroma ini juga bisa menenangkan saraf dan menurunkan tekanan darah serta kecemasan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES