Olahraga

Bungkam Rumania 3-0, Belanda ke Perempat Final Euro 2024

Rabu, 03 Juli 2024 - 01:45 | 14.57k
Selebrasi Donyell Malen setelah mencetak gol kedua untuk Timnas Belanda dalam pertandingan lawan Rumania di babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024, di Allianz Arena, Munich, Jerman pada Selasa (2/7/2024). (Foto; ANTARA/Dok-UEFA)
Selebrasi Donyell Malen setelah mencetak gol kedua untuk Timnas Belanda dalam pertandingan lawan Rumania di babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024, di Allianz Arena, Munich, Jerman pada Selasa (2/7/2024). (Foto; ANTARA/Dok-UEFA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA –  

Timnas Belanda berhasil melaju ke perempat final Piala Eropa (Euro) 2024 setelah membungkam Rumania dengan skor 3-0 dalam pertandingan babak 16 besar di Allianz Arena, Munich, Jerman, pada Selasa (2/7/2024) malam WIB.

Cody Gakpo membuka keunggulan untuk Belanda di babak pertama, sebelum Donyell Malen mencetak dua gol untuk memastikan kemenangan tim yang dipimpin oleh Ronald Koeman.

Pada perempat final nanti, Belanda akan bertemu dengan pemenang pertandingan babak 16 besar lainnya antara Turki dan Austria.

Jalannya Pertandingan:

Belanda menciptakan peluang pertama melalui tembakan jarak jauh Xavi Simons pada menit ke-6, namun bola masih bisa diamankan oleh kiper Rumania, Florin Nita.

Rumania kemudian mengancam balik pada menit ke-14, tetapi tembakan Dennis Man belum mengarah ke gawang Belanda.

Belanda berhasil memimpin pada menit ke-20 berkat aksi individu Cody Gakpo. Menerima umpan dari Xavi Simons, Gakpo melakukan cut-inside dari sisi kiri sebelum melepaskan tembakan yang menjebol sudut kiri gawang Rumania meskipun sempat mengenai tangan Nita. Skor 1-0 untuk Belanda.

Rumania mencoba langsung membalas semenit kemudian, namun tembakan Ianis Hagi dari luar kotak penalti melenceng di sisi kiri gawang. Stefan de Vrij mendapat peluang pada menit ke-26 melalui sundulan dari sepak pojok, tetapi usahanya belum membuahkan hasil. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Belanda.

Di babak kedua, Belanda memasukkan Donyell Malen menggantikan Steven Bergwijn untuk menambah daya serang. Pada menit ke-58, Virgil van Dijk nyaris menggandakan keunggulan melalui sundulan, tetapi bola hanya membentur tiang. Cody Gakpo kembali menciptakan peluang berbahaya pada menit ke-62, namun tendangannya masih bisa diblok oleh Nita.

Gakpo sempat mencetak gol kedua pada menit ke-63, namun gol tersebut dianulir oleh VAR karena offside. Pada menit ke-68, Memphis Depay nyaris mencetak gol melalui tembakan bebas, tetapi bola melenceng tipis di sebelah kanan gawang.

Belanda terus menekan dan akhirnya berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-83 melalui Donyell Malen setelah menerima umpan dari Cody Gakpo.

Malen kembali mencetak gol pada masa injury time dengan tembakan akurat yang membuat kiper Florin Nita mati langkah. Belanda menang 3-0 atas Rumania dan lolos ke babak perempat final Euro 2024.

Susunan pemain

Rumania (4-1-4-1): Florin Nita, Andrei Ratiu, Radu Dragusin, Andrei Burca, Vasile Mogos (Bogdan Racovitan 38'), Marius Marin (Alexandru Cicaldau 72'), Dennis Man, Nicolae Stanciu (Darius Olaru 88'), Razvan Marin, Ianis Hagi (Denis Alibec 72'), Denis Dragus (Valentin Mihail 72').

Belanda (4-2-3-1): Bart Verbruggen, Nathan Ake (Micky van de Ven 69'), Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, Denzel Dumfries, Tijani Reijnders, Jerdy Schouten (Joey Veerman 69'), Xavi Simons, Cody Gakpo (Wout Weghorst 84'), Memphis Depay (Daley Blind 90+2'), Steven Bergwijn (Donyell Malen 46').

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES