Gaya Hidup

Mengapa Lihat Foto Makanan di Media Sosial Bisa Bikin Lapar?

Rabu, 03 Juli 2024 - 03:26 | 14.16k
Ilustrasi - memposting foto makanan di media sosial (Foto: blackxperience)
Ilustrasi - memposting foto makanan di media sosial (Foto: blackxperience)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Media sosial berkembang pesat di Indonesia, bahkan menciptakan banyak tren di masyarakat, termasuk tren makanan kekinian. Banyak foto makanan yang menghiasi berbagai platform media sosial.

Kita seringkali memotret makanan kekinian yang lucu atau menarik sebelum menikmatinya. Kebiasaan ini tampaknya sudah menjadi hal yang umum. Ketika diunggah ke media sosial, umumnya muncul komentar seperti "bikin lapar nih.." jika fotonya menarik. Benarkah foto makanan bisa membuat kita lapar?

Menurut penelitian yang dipimpin oleh dr. Kathleen A. Page dari University of Southern California, foto makanan memang bisa membuat lapar. Foto makanan yang ditangkap oleh indra penglihatan kita akan diteruskan oleh saraf menuju otak untuk diterjemahkan.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini membuktikan bahwa foto makanan berlemak dan berminyak dapat mengaktifkan bagian otak yang mengontrol nafsu makan.

Melalui mata, kita melihat makanan atau foto makanan yang membuat otak merespons dengan meningkatkan keinginan untuk makan. Gambar yang ditangkap oleh mata kemudian ditransfer oleh saraf ke otak.

Otak kemudian memerintahkan tubuh untuk makan. Keinginan kita untuk makan akan lebih besar jika otak juga sedang merasa "lapar mata".

Jadi, hati-hati bagi yang sering melihat foto-foto makanan kekinian di media sosial. Bisa jadi nafsu makan meningkat dan asupan makan menjadi lebih banyak dari biasanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES