Religi

Jelang Ramadan 2023, Siapkan Mental dan Fisik untuk Puasa yang Lebih Baik

Selasa, 14 Februari 2023 - 07:24 | 64.72k
Ilustrasi. (FOTO: iStockphoto/Baramyou0708)
Ilustrasi. (FOTO: iStockphoto/Baramyou0708)
FOKUS

TIMESINDONESIA, JAKARTARamadan menjadi bulan istimewa bagi umat muslim di dunia. Pada bulan Ramadan yang penuh berkah, umat Islam melakukan puasa selama satu bulan. Tahun 2023, Pengurus Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan 2023

Menurut perhitungan dari Muhammadiyah, jadwal puasa Ramadan 2023 dimulai pada hari Kamis tanggal 23 Maret 2023.

Sedangkan akhir bulan Ramadan 2023 atau 1 Syawal 1444 (Hari Raya Idul Fitri 2023) jatuh hari Jumat 21 April 2023.

Keputusan awal puasa Ramadan serta Hari Raya Idul Fitri 2023 berdasarkan hasil sidang Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah pada 31 Januari 2023 lalu.

Berbeda dengan Muhammadiyah, pemerintah belum menentukan kapan awal bulan Ramadan 2023. Ormas Islam terbesar Indonesia, Nahdlatul Ulama juga belum menentukan awal puasa.

NU biasanya akan mengikuti keputusan pemerintah dalam hal Kementerian Agama mengenai awal Ramadan. 

Persiapan Jelang Ramadan 2023

Meski awal Ramadan 2023 masih beberapa minggu lagi, tidak ada salahnya mulai melakukan persiapan menyambut bulan suci. Persiapan berupa mental maupun fisik.

Persiapkan Mental sebelum Bulan Ramadan 

Untuk mental, persiapan yang dilakukan adalah menata hati dan pikiran. Mulai saat ini, Anda mulai mencoba menata hati dengan meninggalkan kebiasan buruk, seperti bergossip, berprasangka buruk, atau marah-marah yang tidak jelas.

Semua hal itu, bisa mengurangi pahala puasa di bulan Ramadan.

Sebelum bulan puasa datang, ada baiknya Anda mulai meningkatkan ibadah. Shalat yang dulu kerap bolong atau sering menunda-nunda mulai ditingkatkan.

Membaca ayat-ayat suci Alquran juga bagus. Anda juga bisa memulai membaca buku-buku keagaaman, khususnya terkait puasa. Bekal pengetahuan yang cukup bisa menambah kekhusyukan selama ibadah Ramadan.

Persiapkan Fisik untuk Puasa Ramadan

Untuk persiapan fisik, dimulai dengan olah raga ringan. Olah raga ringan seperi jalan kaki, bersepeda atau jogging. Olah raga dijamin membuat tubuh bugar sekaligus sehat. 

Kondisi kesehatan yang prima bisa membuat Anda siap melakukan ibadah puasa Ramadan satu bulan penuh.

Hal lainnya adalah memperbaiki pola makan. Mulai saat ini, Anda sudah bisa memperbaiki pola makanan sehat dan teratur. Harapannya, kondisi tubuh semakin fit saat memasuki bulan Ramadan 2023. Ibadahpun menjadi lebih nyaman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES