Religi

Ayat Al Quran yang Ampuh Usir Jin dan Setan, Yuk Amalkan 

Kamis, 07 September 2023 - 02:03 | 332.66k
Ilustrasi: Bacaan Al Quran yang dapat usir jin dan setan di rumah. FOTO:
Ilustrasi: Bacaan Al Quran yang dapat usir jin dan setan di rumah. FOTO:

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jin dan setan makhluk ghaib yang diciptakan Allah SWT. Dalam Al Quran Allah berfirman "Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepada Ku" (QS Adzariat ayat 56).

Namun tidak semua jin patuh pada perintah Allah. Mereka merasa lebih mulia dari pada manusia. Karena itulah golongan jin bersumpah akan mengganggu manusia sampai akhir zaman. 

Cara menganggu jin banyak caranya. Termasuk menghuni rumah tempat tinggal manusia. Sejatinya memang ada jin di setiap rumah, namun jika jin jahil yang menghuni, tentunya sangat menganggu ya. Selain itu keberadaan jin dan setan juga membuat penghuni rumah malas beribadah serta gemar berbuat maksiat.

Beberapa surat dalan Al Quran menjadi senjata untuk mengusir jin atau setan. Berikut ayat Al Quran pengusir jin dan setan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. 

Al Baqarah 

Ustad Adi Hidayat dalam kajiannya menjelaskan surat Al Baqarah ampuh untuk mengusir maupun mencegah jin dan setan masuk rumah.

"Orang yang terbiasa membaca Al Baqarah maka setan tidak akan masuk ke dalamnya minimal 3 malam," katanya.

"Dan apabila biasa dibaca pada siang hari maka tidak akan masuk setan selama 3 hari," imbuh Ustadz Adi Hidayat.

Surat Al Baqarah sebaiknya dibaca secara utuh, yaitu sebanyak 286 ayat. Namun jika tidak memungkinkan boleh dibaca pada dua ayat terakhir dari Al Baqarah, yaitu 285-286 secara istikomah. Dua ayat itu dimaknai sebagai pelindung manusia dari segala keburukan. 

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Artinya:
"Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya." Dan mereka berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali,"

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Ayat Kursi

Surat Al Baqarah 255 disebut juga ayat kursi. Ayat ajaib ini dipercaya untuk mengusir jin dan setan. Ayat ini juga dapat menjaga diri saat bepergian. 

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

Al Falaq

Surat pendek Al Falaq juga dapat diamalkan supaya rumah terhindar dari gangguan jin jahil. 

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Artinya: Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.'

An Nas

An Nas juga surat pendek yang ampuh usir jin dan setan. Inti dari surat ini tentang keagungan Allah sebagai temoat berlindung dari kejahatan jin dan setan. 

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ مَلِكِ النَّاسِۙ اِلٰهِ النَّاسِۙ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

Yuk amalkan ayat Al Quran tersebut secara istikomah, sehingga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES