Religi TIMES Ramadan

Buka Puasa, Ikut Azan yang Mana? Jangan Sampai Salah!

Jumat, 29 Maret 2024 - 16:06 | 38.99k
Warga Pacitan saat menanti awal waktu buka puasa Ramadan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Warga Pacitan saat menanti awal waktu buka puasa Ramadan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, PACITAN – Di bulan Ramadan, pertanyaan tentang waktu berbuka puasa selalu muncul, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah dengan rentang waktu matahari terbenam yang berbeda. 

Salah satu contohnya adalah di wilayah Donorojo, Pacitan, yang terletak di tepi barat Kabupaten Pacitan, sekitar 45 kilometer dari ujung timur Sudimoro yang berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek.

Advertisement

Masyarakat di wilayah Pacitan memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam menentukan waktu berbuka puasa. Ada yang mengikuti azan Grindulu FM, ada yang lebih malam sedikit, dan ada pula yang mengikuti azan dari Radio RRI Surakarta lebih awal.

Lalu, sebenarnya bagaimana aturan Islam terkait waktu berbuka puasa? Berikut penjelasannya:

Jarak Maksimal Mengikuti Azan Daerah Lain

Menurut para ulama, jarak maksimal suatu daerah yang diperbolehkan mengikuti azan daerah lain dalam menentukan waktu berbuka puasa atau ibadah lainnya adalah 28,4375 kilometer, atau setara dengan 1 menit perbedaan waktu.

Hukum Mengikuti Azan yang Salah

Jika ternyata seseorang mengikuti azan yang salah dan berbuka puasa lebih awal, maka wajib untuk mengqadha puasa tersebut. Hal ini karena ia telah meninggalkan kewajiban berpuasa sebelum waktu yang ditentukan.

Referensi:

الدُّرُوْسُ اْلفَلَكِيَّةِ
الفَتَاوَى الْكُبْرَى الفِقْهِيَّة عَلَى مَذْهَبِ اْلإِمَامِ الشَافِعِيِّ

الدُّرُوْسُ اْلفَلَكِيَّةِ، 44)

وَعُلِمَ اَنَّ الدَّرَجَةَ سِتُّوْنَ دَقَائِقَةً مِنْْ دَقَائِقِهَا وَكُلُّ دَقَائِقَةٍ سِتُّوْنَ ثَانِيَة مِنْ ثَوَانِيْهَا وَكُلُّ ثَانِيَةٍ سِتُّوْنَ ثَالِثَةً مِنْ ثَوَاِلثِهَا وَهَكَذا اِلَي اْلعَوَاشِرِ وَلَكِنْ لَايَسَعُ الْعَمَلُ اِلَيْهَا اِلَّا اَلَةَ الرَّصَّادِيْنَ بِخِلَافِ اَغْلَبِ الْأَلَاتِ الَّتِي بِاَيْدِيْنَا فَلَا تَسِعُ غَاِلًبا اِلَّّا اِلَي ثَوَانِي الدَّرَجَةِ ثُمَّ اِنَّ كُلَّ خَمْسَ عَشرَةَ دَرَجَةً بِسَاعَةٍ وَكُلُّ دَرَجَةٍ بِاَرْبَعِ دَقَاِئقَ مِنْ دَقَائِقِ السَّاَعَةِ وَكُلُّ خَمْسَ عَشرَةَ دَقِيْقَةً مِنْ دَقَائِقِ الدَّرَجَةِ بِدَقِيْقَةٍ مِنْ دَقَائِقِ السَّاعَةِ وَكُلُّ دَقِيْقَةٍ مِنْ دَقَائِقِ الدَّرَجَةِ بِاَرْبَعِ ثَوَانِي السَّعَةِ. ( الإِحْتِيَاطُ فَالْخَمْسَةُ ضُعْفُ التَّمْكِيْنِ وَحَقِيْقَتُهُ جُزْءٌ مِنْ اَجْزَاءِ السَّاعَةِ يُنْقَصُ مِنَ الْحَاصِلِ اِحْتِيَاطًا وَلِمُرَاعَةِ التَّفَاوُتِ بَيْنَ الْقَوْسِ الْحَقِيْقِيِّ وَالْقَوْسِ الْمَرْئِ الْمَبْنِي عَلَيْهِ أَحْكَامُ الْأَوْقَاتِ وَيخْتَلِفُ بِاخْتِلاَفِ عَرْضِ الْبَلَدِ اَيْ عَرضُ اْلبَلَدْ مَثَلًا مَكَّة الْمُكَرَّمَةْ عَرْضُ الْبَلَد 21 50 الإِحْتِيَاط 16 قَةْ مَثَلاً جَوْمْبَاغْ عَرْضُ الْبَلَد 7 25 الإحتياط 5 قة.

(الدُّرُوْسُ الْفَلَكِيَّةِ، 73)

وَسُُئِلَ–فَسَحَ اللهُ فِي مُدَّتِهِ–هَلْ يُعْتَبَرُ اِخْتِلاَفُ الْمَطَالِعِ فِي الصَّلاَةِ كَالصَّوْمِ؟ فَأَجَابَ بِقَوْلِهِ قَالَ فِي الْخَادِمِ: إِذَا قُلْنَا: العِبْرَةُ بِاخْتِلَافِ الْمَطَالِعِ فِي الصَّوْمِ فَهَلْ يُعْتَبَرُ فِي الصَّلَاةِ حَتَّى إِذَا غَرَبَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ فِي بَلْدَةٍ, وَكَانَ صَاحِبُ خُطْوَةٍ فَحَضَرَ مُطْلِعًا آَخَرَ لمَ ْتَغْرُبْ ِفْيِه بَعْدَ مَا صَلَّى الْمَغْرِبَ فِي اْلَبَلِد الْأَوَّلِ, فَهَلْ يَلْزَمُهُ إِعَادَتُهَا كَالصَّوْمِ أَمْ لَا؛ لِأَنَّ الصَّّلاَةَ تَتَكَرَّرُ بِخِلَافِ الصَّوْمِ وَبِالِْقِيَاسِ عَلىَ الصَّبِيِّ إِذَا صَلىَّ أَوَّلَ الْوَقْتِ, ثُمَّ بَلَغَ فِي أَثْنَائِهِ فَإِنَّهُ لَا يَجِبُ عَلَيْهِ فِعْلُ الصَّلاَةِ, َوإِنْ وَجَبَ َعَلَيْهِ بِالْبُلُوْغِ؛ لِأَنَّ صَلَاتَهُ قَبْلَهُ قَدْ أَسْقَطَتِ الْفَرْضَ, فَكَذَلِكَ هُنَا, هَذَا هُوَ الْأَقْرَبُ؛ لِأَنَّّهُ إِذَا سَقَطَ الْفَرْضُ بِاْلفِعْلِ فَلِأَنَّهُ يَسْقُطُ بِالْغُرُوْبِ أَوْلَى.

(الفَتَاوَى الْكُبْرَى الفِقْهِيَّة عَلَى مَذْهَبِ اْلإِمَامِ الشَافِعِيِّ، 1/9)

فَذَهَبَ الْجُمْهُوْرُ وَهُوَ مَذْهَبُ (اْلَأئِمَّةِ اْلأَرْبَعَةِ) إِلَى أَنَّ صِيَامَهُ غَيْرُ صَحِيْحٍ وَيَجِبُ عَلَيْهِ الْقَضَاءُ، لِأَنَّ الْمَطْلُوْبَ مِنَ الْصَائِمِ التَّّّّثَبُّتُ، لِقَوْلِهِ تَعَالَى حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الخْيَْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الخْيَْطِ الْأَسْوَدِ فَأَمَرَ بِإِتْمَامِ الصِّيَامِ إِلَى غُرُوْبِ الشَّمْسِ، فَإِذَا ظَهَرَ خِلَافُهُ وَجَبَ الْقَضَاءُ.

Tips Menentukan Waktu Berbuka Puasa yang Tepat

1. Gunakan aplikasi penentuan waktu shalat yang terpercaya.
2. Konsultasikan dengan ahli Falak atau lembaga keagamaan setempat.
3. Perhatikan pengumuman resmi dari pemerintah terkait waktu berbuka puasa.

Hal yang Harus Dihindari

1. Mengikuti azan dari daerah lain tanpa mengetahui jarak dan perbedaan waktunya.
2. Berbuka puasa berdasarkan perkiraan atau kebiasaan yang tidak berdasar.

Dengan memahami aturan dan tips di atas, diharapkan umat Islam dapat menentukan waktu berbuka puasa dengan tepat dan menjalankan ibadah Ramadan dengan maksimal. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES