Religi

Kolaborasi Perdana: BAZNAS, Kemenag, dan FOZ Kota Malang Gelar Lebaran 1.000 Yatim

Selasa, 09 Juli 2024 - 21:29 | 12.20k
Rapat FOZ Malang, Baznas, dan Kemenag membuat Santunan 1000 Yatim pada 16 Juli nanti. (Foto: Baznas for TI)
Rapat FOZ Malang, Baznas, dan Kemenag membuat Santunan 1000 Yatim pada 16 Juli nanti. (Foto: Baznas for TI)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dalam rangka memperingati 10 Muharram 1445 H yang jatuh pada 16 Juli 2024, BAZNAS Kota Malang, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang, dan Forum Organisasi Zakat (FOZ) Kota Malang, dan didukung penuh TIMES Indonesia, berkolaborasi memberi santunan anak yatim. Perhelatan kolaboratif ini bertajuk "Lebaran 1.000 Yatim".

Acara ini berlangsung di Masjid Jami Kota Malang mulai pukul 12.30 hingga selesai. Event untuk umat ini merupakan bentuk sinergi dan kebersamaan dalam memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim dan disabilitas di bulan Muharram. 

Kegiatan ini menjadi langkah kolaborasi pertama yang melibatkan BAZNAS Kota Malang, Kementerian Agama Kota Malang, dan FOZ Kota Malang. Tujuannya, mempererat silaturahmi antar lembaga amil zakat se-Kota Malang.

Ketua FOZ Kota Malang, Ustad Fandi, menyampaikan antusiasmenya terhadap acara ini. "Meskipun masing-masing anggota FOZ mengadakan kegiatan santunan di bulan yatim, kami mengutamakan kegiatan bersama ini sebagai bentuk kesolidan dan kebersamaan FOZ di Kota Malang," ujar Ustad Fandi yang juga Kepala YDSF Cabang Malang.

Sementara, Ustad Zainal Anwar, Kasi Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Kota Malang, juga memberikan apresiasinya. "Semoga ke depan lebih banyak lagi yang bisa bergabung dalam kegiatan seperti ini," harapnya.

Ketua BAZNAS Kota Malang, Prof. Dr KH Kasuwi Syaiban, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikhlas berpartisipasi dalam acara ini. "Tugas kita adalah membantu mengumpulkan zakat, infaq, dan sedekah dari muzakki dan mendistribusikannya kepada mustahiq. Kolaborasi ini adalah wujud tanggung jawab kita bersama," kata Prof Kasuwi.

Acara Lebaran 1000 Yatim ini juga didukung oleh beberapa mitra BAZNAS, antara lain OJK, PMI, dan BSI. Dukungan dari berbagai pihak ini menunjukkan bahwa kegiatan santunan kepada anak yatim dan disabilitas ini tidak hanya menjadi tanggung jawab satu lembaga saja. Tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh masyarakat dan berbagai instansi.

Dampak Positif bagi Masyarakat

Lebaran 1.000 Yatim ini tidak hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga membawa dampak positif bagi anak-anak yatim dan disabilitas yang menerima santunan. Mereka tidak hanya mendapatkan bantuan finansial, tetapi juga perhatian dan kasih sayang dari berbagai pihak.

Gus Edy Hayatullah, wakil 1 pimpinan BAZNAS Kota Malang yang juga koordinator acara ini, menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi media ajang silaturahmi bagi lembaga amil zakat se-Kota Malang. "Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan semakin banyak lembaga serta masyarakat yang terlibat," ujar ketua II STAIMA Al Hikam Malang ini.

Dengan diadakannya acara ini, diharapkan semangat berbagi dan gotong royong di Kota Malang semakin kuat. Kegiatan santunan ini juga menjadi bukti bahwa dengan kolaborasi yang baik, berbagai pihak dapat bersama-sama memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES