Ekonomi

Layanan Digital Astra Financial Tumbuh Positif Sampai Triwulan II 2023

Kamis, 21 September 2023 - 20:16 | 84.80k
(kiri-kanan) Head of Marketing SEVA Amar Ibrahim, CMO Astrapay Reny Futsy Yama, CMO Maucash Indra Suryawan dan CEO Moxa Lim Lizal, Kamis (21/9/2023). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
(kiri-kanan) Head of Marketing SEVA Amar Ibrahim, CMO Astrapay Reny Futsy Yama, CMO Maucash Indra Suryawan dan CEO Moxa Lim Lizal, Kamis (21/9/2023). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sejumlah layanan digital Astra Financial hadir memenuhi kebutuhan akses transaksi keuangan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Surabaya. Layanan tersebut mulai SEVA, Astrapay, Maucash dan Moxa. 

Kehadiran Astra Financial sejalan dengan tujuan “Digital Transformation Framework”. Tagline ini menjadi acuan transformasi digital dalam bisnis sejak ekosistem layanan keuangan tersebut diluncurkan pada 2019 silam.

Advertisement

Dengan keunggulan ekosistem layanan keuangan yang lengkap dan didukung dengan pemanfaatan teknologi, Astra Financial mampu menciptakan produk digital yang memberikan solusi keuangan dengan customer journey yang seamless kepada pelanggan. 

Melalui keterlibatannya dalam GIIAS Surabaya 2023, Astra Financial optimis meningkatkan capaian yang lebih baik pada kuartal ketiga tahun 2023. Itu juga terlihat pada portofolio pertumbuhan SEVA, Astrapay, Maucash dan Moxa.

Sejak didirikan pada Maret 2022 hingga Agustus 2023, SEVA telah mencatatkan lebih dari 16.000 Berita Serah Terima kendaraan (BSTK) dengan nilai transaksi sebesar Rp7,5 triliun.

Astra-Financial-2.jpg

"SEVA juga meraih pencapaian prima di GIIAS Tangerang 2023 dengan berhasil melakukan lebih dari 3.900 instant approval, di mana pencapaian tersebut mencapai 390 persen dari target awal," terang Amar Ibrahim selaku Head of Marketing SEVA dalam acara Astra Financial Talk di main booth Astra Financial Booth G1, Grand City Convention Expo Surabaya, Kamis (21/9/2023).

Pertumbuhan juga dialami Astrapay. Hingga Agustus 2023, Astrapay sebagai salah satu platform keuangan mencatatkan lebih dari 10 juta pengguna.

Capaian ini mendongkrak pertumbuhan mencapai 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya sejak diluncurkan pada 15 September 2021 lalu.

"Sementara untuk Gross Transaction Value (GTV) selama periode yang sama telah mencapai Rp59,17 triliun dengan jumlah merchant lebih dari 20 ribu merchant yang tersebar di seluruh Indonesia," ungkap Reny Futsy Yama selaku Chief Marketing Officer (CMO) AstraPay.

Selama penyelenggaraan GIIAS Tangerang 2023, AstraPay mencatatkan penggunaan QRIS dan top up lebih dari 24.000 transaksi (di luar dari transaksi tiket online), jauh melampaui target dengan pencapaian sebesar 155 persen.

Pencapaian tersebut juga diikuti oleh nilai transaksi yang mencapai Rp1,242 miliar atau meningkat 114,57 persen dibanding tahun lalu yang hanya senilai Rp579 juta.

"AstraPay menyediakan promo diskon Rp6 ribu untuk pembelian tiket GIIAS Surabaya 2023 secara online maupun offline," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Indra Suryawan selaku Chief Marketing Officer (CMO) Maucash turut memaparkan pertumbuhan bisnisnya.

Sejak diluncurkan hingga Agustus 2023, Maucash mencatatkan lebih dari 19,2 juta download dengan lebih dari 7,3 juta registrasi pengguna. 

"Adapun jumlah pencairan pinjaman telah melebihi 1,8 juta transaksi, dengan amount finance senilai lebih dari Rp4,6 triliun," ujar Indra.

Pada GIIAS Tangerang 2023, Maucash berhasil mencatatkan berhasil mencatatkan peningkatan 183,88 persen pada nilai pencairan pinjaman menjadi Rp5,227 miliar dibanding GIIAS tahun 2022 yang hanya tercatat senilai Rp1,841 miliar.

Lim Lizal selaku CEO Moxa ikut membahas tentang perkembangan bisnis pembiayaan digital. Moxa sampai saat ini telah diunduh sebanyak 18,4 juta pengguna dan menghasilkan Gross Merchandise Value (GMV) sebesar Rp3 triliun dengan Monthly Active Users (MAU) sebanyak lebih dari 1.000 ribu user. 

Sejak diluncurkan hingga Agustus 2023, Moxa memiliki lebih dari 31 produk dan akan semakin banyak lagi pengembangan produk yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, GIIAS Tangerang 2023 juga menjadi momentum bagi Moxa untuk mencatatkan kinerja positif dengan berhasil memperoleh 1.734 register akun baru atau sebesar 192,67% dari target yang telah ditetapkan.

Sejak 2019, Astra Financial telah menetapkan dan menjalankan “Digital Transformation Framework” yang menjadi acuan dalam melakukan transformasi digital dalam bisnis.

Dengan keunggulan ekosistem layanan keuangan yang lengkap dan didukung dengan pemanfaatan teknologi, Astra Financial mampu menciptakan produk digital yang memberikan solusi keuangan dengan customer journey yang seamless kepada pelanggan. 

Melalui keterlibatannya dalam GIIAS Surabaya 2023, Astra Financial optimis meningkatkan capaian yang lebih baik pada kuartal ketiga tahun 2023.

Tawarkan Promo Menarik 

Dalam GIIAS Surabaya 2023, SEVA menawarkan promo menarik, yaitu cashback 1 kali angsuran dengan maksimal angsuran Rp4 juta, serta bebas 1 tahun asuransi comprehensive dari Garda Oto. 

SEVA juga dilengkapi fitur canggih, yaitu Instant Approval untuk membantu konsumen membeli mobil baru sesuai kemampuan finansial dengan lebih mudah dan jelas, serta didukung tingkat keamanan transaksi yang terjamin dan terpercaya.

Pengunjung GIIAS Surabaya juga berkesempatan mendapat voucher cashback senilai Rp60 ribu untuk pengunjung yang mengunduh aplikasi dan registrasi akun AstraPay.

Ada vocher cashback hingga 600 ribu untuk top-up AstraPay, cashback hingga 600 ribu AstraPoints untuk SPK mobil, serta mendapatkan polis Asuransi Jiwa senilai Rp10 Juta hanya dengan melakukan upgrade akun AstraPay menjadi preferred.

Maucash turut menawarkan program khusus untuk GIIAS Surabaya 2023, yaitu pengajuan limit hingga Rp20 juta yang dapat dicairkan dalam 66 menit. 

Dari dana yang dicairkan, pengunjung bisa mendapatkan cashback hingga 66 ribu. Seluruh pengunjung yang baru pertama kali mencairkan pinjaman Maucash selama GIIAS 2023 berlangsung akan mendapatkan 1 dari 660 hadiah langsung dengan nilai total ratusan juta rupiah, mulai dari logam mulia, voucher belanja, dan saldo AstraPay.

Selain itu, di penghujung acara, tiga customer yang beruntung akan memenangkan hadiah utama jalan-jalan ke Bangkok, Thailand atau pengalaman menginap di hotel bintang 5 di Jakarta.

Sementara Moxa menawarkan dua promo. Mulai dari pembelian kendaraan roda dua melalui FIFGROUP berupa special merchandise jas hujan, hadiah langsung asuransi kecelakaan dini senilai Rp2,75 juta dan tambahan cashback Rp660.000 khusus unit PCX dan Big Bike. 

Untuk pembelian layanan PPOB, terdapat potongan harga untuk top up dan bayar tagihan hingga senilai Rp 100.000 untuk tipe produk: pulsa, pascabayar, tagihan listrik, token listrik, tagihan PDAM dan tagihan internet dan TV kabel.

Sebagaimana diketahui, sejumlah layanan digital Astra Financial hadir memenuhi kebutuhan akses transaksi keuangan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Surabaya. Layanan tersebut mulai SEVA, Astrapay, Maucash dan Moxa. 

Kehadiran Astra Financial di GIIAS 2023 Surabaya sejalan dengan tujuan “Digital Transformation Framework”. Tagline ini menjadi acuan transformasi digital dalam bisnis sejak ekosistem layanan keuangan tersebut diluncurkan pada 2019 silam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES