Tekno

Wah, Google Translate Segera Bisa Terjemahkan Bahasa Isyarat

Minggu, 02 Februari 2020 - 03:49 | 312.47k
Google Translate segera dilengkapi AI untuk menerjemahkan bahasa isyarat
Google Translate segera dilengkapi AI untuk menerjemahkan bahasa isyarat

TIMESINDONESIA, AS – Sebuah kemajuan dicatat oleh Google yang berhasil mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk membantu Google Translate menerjemahkan bahasa isyarat.

Google menyatakan jika proses penerjemahan nantinya akan memanfaatkan kamera sebagai media untuk mengidentifikasi gestur atau gerakan bahasa isyarat, sebelum diolah dan diterjemahkan menjadi kata atau kalimat.

Teknologi ini diyakini sangat berguna bagi mereka yang memiliki masalah bicara untuk lebih mudah berkomunikasi dengan mereka yang tidak mengerti bahasa isyarat.

Meski diakui belum sepenuhnya sempurna karena beberapa gerakan dan ekspresi wajah terkadang terlewat dari penerjemahan, Google mengklaim teknologi ini merupakan terobosan penting.

Untuk itu, Google terus menyempurnakan teknologi ini agar bisa bekerja lebih cepat dan stabil. Dengan demikian, jumlah gestur dan gerakan yang diterjemahkan akan semakin banyak dan proses penerjemahan jadi lebih cepat.

"Kami percaya bahwa mempublikasikan teknologi ini dapat memberikan dorongan untuk ide-ide kreatif yang baru oleh komunitas peneliti dan pengembang," bunyi pernyataan Google seperti dikutip Ubergizmo. 

Teknologi AI dari Google Translate tersebut sejauh ini baru bisa digunakan di perangkat komputer saja. Meski begitu, mengingat perkembangan smartphone yang kian canggih, tidak menutup kemungkinan Google akan mengaplikasikan teknologi ini segera di ponsel pintar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES