Tekno

Takut Kebocoran Data Pribadi ? Bisa Cek di PeriksaData

Selasa, 29 September 2020 - 19:11 | 1.34m
Tangkapan layar situs PeriksaData.
Tangkapan layar situs PeriksaData.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pendiri komunitas ethical hacker, Teguh Aprianto membuat situs yang dapat mendeteksi kebocoran data pribadi. Website yang dilengkapi tools khusus ini yakni periksadata.com.

"Untuk kamu yang penasaran apakah data kamu pernah bocor apa nggak, mulai sekarang kamu bisa cek di https://periksadata.com/," kicau @secgron.

Menurut pantauan TIMES Indonesia, situs periksa data sangat sederhana. Bagi para warganet yang ingin mengetahui  apakah data bocor atau tidak, kita hanya cukup memasukkan alamat email pada kolom yang tersedia.

Setelah itu klik 'PERIKSA SEKARANG'. Tak sampai hitungan menit, situs itu akan langsung memberikan informasi mengenai data milik Anda, apakah pernah bocor atau tidak.

Jika data Anda bocor, situs itu akan membeberkan data apa yang telah bocor dan tanggal kejadian. Sedangkan jika "tidak", situs itu akan menyampaikan bahwa berbagai insiden kebocoran data yang selama ini terjadi belum pernah melibatkan data pribadi Anda.

Tak hanya memeriksa data, situs itu juga memberikan edukasi kepada penggunanya. Situs itu juga menyediakan saran bagi Anda yang mengalami kebocoran data.

Pertama, Anda disarankan mengganti password. Agar lebih aman, gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Kedua, aktifkan verifikasi 2 langkah sekarang agar akun milik kamu menjadi lebih aman. Situs itu menyarankan untuk menggunakan Authenticator App daripada SMS.

"Jika kamu merasa kesulitan untuk mengingat banyak password yang kamu gunakan untuk berbagai macam platform, kamu bisa menggunakan password manager," kutip situs tersebut.

Penasaran kebocoran data pribadi atau tidak, bisa segera coba buka https://periksadata.com/(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES