Tekno

Aplikasi Istry, Persembahan PERABOI untuk Permudah Tangani Kanker

Jumat, 25 Juni 2021 - 14:14 | 121.97k
Aplikasi Istry 1.0 yang diluncurkan oleh Peraboi. (FOTO: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Aplikasi Istry 1.0 yang diluncurkan oleh Peraboi. (FOTO: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi) mempersembahkan sebuah aplikasi Istry (Indonesian Sistemic Therapy) 1.0 untuk mempermudah menangangi penyakit kanker di Indonesia. Aplikasi tersebut baru diluncurkan, Jumat (25/6/2021) melalui zoom meeting.

Aplikasi Istry 1.0 sendiri adalah sebuah aplikasi mobile berbayar, berbasis android yang menyediakan platform interaktif bagi tenaga medis untuk memperoleh informasi tentang terapi kanker terbaru yang beredar di Indonesia, terutama kanker payudara, kanker tiroid, kanker kepala leher, kanker jaringan lunak, kanker kulit, dan limfoma.

Aplikasi-Istry-1.0-v2.jpgKetua Peraboi, dr. Walta Gautama, SpB(K)Onk saat melaksanalan peluncuran aplikasi Isty 1.0

Dalam peluncurannya, Ketua Peraboi, dr. Walta Gautama, SpB (K) Onk menjelaskan bahwa perkembagan penanganan kemoterapi kanker padat di Indonesia sudah sejak 50 tahun silam. Seiring dengan berkembangnya waktu dan berkembangnya teknologi, dalam diskusi tentang kemoterapi forum ilmiah bedah ongkologi yang sering dilakukan salah satu topik yang sering dibahas adalah tentang regimen tertentu yang dipakai di luar negeri atau konsensus.

“Kami pengurus Peraboi coba membuat suatu konsensus dimana, pada tahun 2020 kita telah mengeluarkan konsus terapi sistemik kanker padat, dimana oleh adanya suatu konsensus ini keluarlah suatu ide bagaimana membuat sesuatu yang konsensus ini bisa dijalankan. Bisa menjadi standratisasi mutu pelayanan,” ujar dokter Walta.

Hasil dari konsesus tersebut adalah Istry 1.0 ini. Aplikasi tersebut dapat digunakan oleh dokter ahli bedah onkologi, dokter spesialis dalam bidang onkologi, dokter umum dan perawat yang merawat pasien kanker, dokter perusahaan dan asuransi dan dokter yang bergerak di bidang manajemen mutu pelayanan.

Aplikasi-Istry-1.0-v3.jpg

“Aplikasi Istry 1.0 memudahkan dokter untuk mengakses Informasi terkini tentang regimen terapi sistemik untuk kanker padat, mendapatkan informasi tentang nama dagang obat terapi sistemik yang beredar di Indonesia, menghitung dosis obat kemoterapi dan target terapi dan mengakses informasi tentang efek samping obat terapi sistemik,” jelasnya.

Secara tampilan, aplikasi tersebut sangat mudah digunakan. Untuk dapat menggunakannya, kita hanya perlu mendownload di appstore. Didalamnya ada berbagai fitur tentang terapi kanker yang bisa diakses oleh pengguna aplikasi.

Dokter Walta berhar agar kedepan aplikasi Istry1.0 dapat menjadi panduan untuk penyemperunaan terapi kanker di Indonesia. Selain itu juga dapat dikembangkan dalam terapi kanker lain tidak hanya pada kasus bedah onkologi. “Dengan penyeragaman terapi melalui aplikasi digital akan mendorong pengumpulan data dan penelitian mulisenter,” kata ketua Peraboi itu tentang aplikasi Istry 1.0. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES