Tekno

Alat Pengering Ikan Kontinu MG Grup Medan Lolos Tiga Besar Kompetisi PLN ICE 2021

Selasa, 29 Juni 2021 - 19:25 | 93.14k
Alat pengering tenaga surya mempercepat pengeringan ikan berlipat-lipat karya MG Grup USU Medan.
Alat pengering tenaga surya mempercepat pengeringan ikan berlipat-lipat karya MG Grup USU Medan.

TIMESINDONESIA, MEDAN – Tim peneliti asal Medan, MG Grup masuk tiga besar kategori peralatan listrik dan Kompetisi PLN ICE 2021 (PLN Innovation & Competition in Electricity). Kompetisi ini diikuti oleh 198 proposal peserta dari kampus-kampus di seluruh Indonesia.

Tim MG Grup dipimpin langsung Prof Dr Masno Ginting MSc, peneliti senior P2F LIPI, Serpong Jakarta. "Kita tetap berkarya dalam negeri, menciptakan SDM unggul untuk Indonesia Maju,” ucap Prof Masno Ginting menyemati timnya usai lolos tiga besar.

Advertisement

Anggotanya Dr Martha Rianna (alumnus PMDSU USU Batch 2 dan dosen Fisika FMIPA USU); Muhammadin Hamid, M.Si (dosen Fisika FMIPA USU); Gokma Sahat Tua Sinaga, MEng Sc (alumni Tomsk State University, Rusia); dan Marojahan Benedict Efrata Saing, S.T (alumni Universitas Bhayangkara Jakarta Raya).

Tiga besar proposal yang lolos tersebut akan dibiayai sepenuhnya oleh PLN untuk membuat prototype sesuai dengan usulan masing-masing tim. Finalnya,  juri akan menetapkan juara 1, 2, dan 3 dari hasil uji prototype alat yang diciptakan oleh pemenang tiga besar.

Jadwal yang ditetapkan panitia ke tiga peserta dalam pembuatan prototype hanya dua bulan. Start 1 Juli, dan harus selesai pada 30 Agustus. Sementara sistem pencairan dana akan dibayarkan dalam tiga termin, di mana Tim MG mengusulkan agar kiranya scheme pengucuran dana ini bisa lebih flexibel.

MG Grup mengusung konsep alat pengering ikan kontinu sederhana untuk membantu para UMKM ikan di Provinsi Sumatera Utara. Alat ini menggantikan metode penjemuran ikan kering dengan menggunakan sinar matahari.

"Dengan alat ini UMKM dapat menghemat waktu pengeringan dan mengurangi kontaminasi akibat lingkungan sekitar penjemuran ikan saat dijemur di bawah sinar matahari," jelas Martha.

Dalam riset ini, Tim MG mendapat dukungan dari Ketua Departemen Fisika USU, Dr. Perdinan Sinuhaji, MS. Dukungan lain juga datang dari Kepala Pusat Penelitian Fisika (P2F) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Serpong, beserta Kelompok Penelitian Advanced & Magnetic Materials P2F-LIPI.

"Dukungan moril dan semangat menambah energi baru bagi Tim MG sehingga berhasil mendapatkan kesempatan dalam pendanaan Pembuatan Prototype Alat Pengering Ikan Kontinu Sederhana," ucap Martha, anggota MG Grup Medan yang lolos Kompetisi PLN ICE 2021 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES