Tekno

Ternyata Ini Fungsi Lubang Kecil di HP

Kamis, 25 November 2021 - 05:14 | 2.32m
Ilustrasi fungsi lubang kecil di HP. (FOTO: wajibbaca.com)
Ilustrasi fungsi lubang kecil di HP. (FOTO: wajibbaca.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada handphone atau ponsel Anda terdapat sejumlah lubang. Namun tidak banyak yang mengetahui fungsi lubang kecil di HP. Lokasi lubang berbeda-beda. Ada yang berada dekat colokan earphone atau charge. Lubang-lubang itu memiliki fungsi.

Jadi, lubang pada ponsel tidak sekadar model. Mari kita ketahui fungsi lubang kecil di HP anda. 

Fungsi Lubang Kecil di HP

Ponsel atau HP merupakan alat komunikasi yang dimiliki oleh umat manusia di dunia. Dalam HP terdapat berbagai fitur yang mempunyai fungsi. Tidak jarang para penggunanya masih belum mengetahui fungsi fitur-fitur yang ada. Seperti lubang kecil yang terdapat pada bagian HP.

Jika mencermati HP, kita akan mengetahui ada sejumlah lubang yang terdapat di HP, berada di bagian atas, bawah, dan samping. Meski mengetahui ada sejumlah lubang di HP, kita belum mengetahui fungsi lubang kecil di HP tersebut. Bahkan beberapa dari pengguna HP tidak menyadari dan kurang peduli keberadaan lubang kecil tersebut.

Berbagai lubang kecil yang terdapat pada sisi-sisi HP merupakan bagian penting. Lubang-lubang tersebut memiliki fungsi dan cara kerja berbeda-beda. Pun dengan letak lubang, oleh produsen HP-nya telah dipikirkan sesuai fungsi dan cara kerjanya.

Fungsi Lubang Kecil di Bagian Atas

Perhatikan lubang yang berada di bagian atas ponsel android Anda. Terlihat dua titik hitam dengan ukuran cukup kecil. Ini merupakan lubang yang berfungsi untuk melakukan reset saat terjadi masalah pada HP Anda.

Lubang ini berukuran sangat kecil, yang bisa dimasuki dengan benda seukuran jarum. Oleh karena itu, cara menggunakan lubang kecil pada ponsel ini adalah dengan dicolok menggunakan alat khusus yang disebut SIM card ejector.

Selain lubang kecil bagian atas yang memiliki fungsi penting di HP, terdapat pula satu lubang berukuran lebih besar yang juga terdapat di bagian atas HP. Meski sebenarnya tidak dapat dikatakan sebagai lubang karena keberadaannya tertutup oleh kaca hitam.

Ini merupakan alat yang namanya lampu infra merah. Lubang ini memiliki fungsi untuk melakukan kinerja remote menuju peralatan elektronik lainnya. Seperti televisi, kipas angin, pemutar DVD, dan lain sebagainya.

Fungsi Lubang Kecil di Samping Kamera Depan

Selain lubang kecil di bagian atas HP, terdapat pula lubang kecil berukuran 1 mm yang terdapat di sisi samping kamera depan. Sebenarnya ini bukan suatu lubang sebagaimana yang telah kita lihat.

Lubang tersebut merupakan sensor cahaya yang tertanam pada ponsel. Lubang ini memiliki fungsi sebagai pengatur otomatis kecerahan layar ponsel. Pada saat pengguna menghidupkan kecerahan otomatis, maka alat ini pun bekerja sesuai dengan fungsinya.

Fungsi Lubang Kecil di Bagian Samping Ponsel

Fungsi lubang kecil yang tersemat di samping HP penting juga untuk Anda ketahui. Lubang ini berukuran satu milimeter yang terdapat pada sisi kanan atau kiri HP. Ini merupakan lubang ejector untuk SIM card atau microSD.

Apabila Anda melepas atau memasang microSD, maka lubang inilah yang memiliki peranan penting untuk membuka sekaligus menutup socketnya.

Cara kerjanya cukup mudah. Para pengguna hanya perlu mencolokkan ejector pada lubang kecil, maka slot microSD serta SIM Card akan keluar dengan sendirinya.

Fungsi Lubang Kecil Dekat Jack Audio

Selanjutnya, lubang kecil yang perlu Anda perhatikan fungsinya di HP adalah lubang yang terletak di dekat lubang jack audio, tempat Anda memasukkan microphone atau headset.

Lubang kecil ini berukuran sebesar jarum. Ternyata, ini merupakan sebuah microphone internal pada ponsel. Fungsi lubang kecil di HP satu ini untuk menangkap suara yang selanjutnya menjadi file audio. Seperti suara Anda saat melakukan panggilan telepon, merekam suara, atau menggunakan voice note.

Itulah fungsi lubang kecil di HP yang perlu diketahui oleh para penggunanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES