Tekno

Tombol Home Rusak, Ketahui Sebab dan Solusinya

Sabtu, 27 November 2021 - 12:31 | 505.41k
Ilustrasi Tombol Home pada smartphone. (FOTO: JurnalApps)
Ilustrasi Tombol Home pada smartphone. (FOTO: JurnalApps)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kejadian tombol home rusak bisa dialami siapapun pengguna smartphone. Ada beberapa hal yang menyebabkan kerusakannya. Namun hal itu dapat disiasati dan dicari solusinya.

Biasanya dalam ponsel Android terdapat tiga tombol navigasi yang digunakan untuk beraktivitas. Ada tombol home yang berada di bagian tengah, back untuk kembali, dan tombol recent untuk melihat halaman yang sempat kita buka. Ketiga tombol navigasi ini sangat penting bagi pengguna smartphone.

Ketika terjadi kerusakan pada tombol-tombol itu, tentu akan menyulitkan saat ingin berselancar. Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Penyebab Tombol Home Rusak
Apabila Anda mengalami kerusakan tombol navigasi, ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama, bisa jadi sistem operasi pada perangkat smartphone Anda sedang bermasalah atau error.

Kondisi tombol home rusak sebenarnya biasa terjadi. Jadi jangan panik atau bingung apa yang harus dilakukan, atau belum tahu bagaimana kelanjutannya.

Pada saat Anda melakukan upgrade sistem, biasanya akan terjadi kondisi crash seperti ini. Maka dari itu, perhatikan hal yang dapat menimbulkan kerusakan sekaligus berupaya menghindari kerusakan.

Pemicu tombol home rusak juga bisa berasal dari kejadian yang membuat layar Android Anda terkena air. Beberapa ponsel pintar atau smartphone akan mudah rusak dan bahkan komponennya bermasalah, termasuk tombol home. Atau bisa juga kerusakan berasal dari tekanan yang terlalu keras pada layar smartphone Anda.

Cara Mengatasi Tombol Home Rusak

Berikut ini tips bagi Anda untuk mengatasi tombol home rusak. Ada beberapa langkah mudah dan sederhana/simpel yang daoat Anda lakukan. Langkah ini dapat menjadi upaya awal sebelum dibawa ke tempat service atau perbaikan HP.

Mereset HP
Anda bisa mencoba melakukan reset pada ponsel Android yang Anda gunakan. Hal ini membantu dalam mengatasi error atau masalah yang sedang terjadi di smarphone Anda.

Dengan reset HP, perangkat akan secara otomatis beristirahat sementara. Selanjutnya sistem akan kembali ke setelan awal. Anda tidak perlu khawatir, perangkat Anda akan tetap aman dengan pengaturan seperti ini.

Cek Aplikasi Baru
Tombol home rusak juga karena aplikasi yang baru saja Anda unduh, lalu instal, dan dijalankan. Hal ini bisa saja terjadi dan akan lebih baik jika Anda mengecek terlebih dahulu.

Lalu Anda bisa melakukan uninstall dan instal kembali pada aplikasi baru tersebut. Tindakan seperti ini terihat sepele, tetapi perlud diperhatikan.

Unroot
Anda bisa mencoba untuk menghilangkan akses dari root tersebut. Karena fitur seperti ini bisa membantu untuk mengoptimalkan ponsel pintar (smartphone) Anda. Pada akhirnya akan membuat HP lebih mudah dan nyaman untuk kembali digunakan.

Hindari Custom ROM
Selain langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya, Anda perlu mengetahui jika menggunakan custom ROM bisa membuat stabilitasnya terganggu. Karena biasanya HP tidak akan mudah digunakan pada fitur pentingnya.

Nantinya ROM akan mudah jika dikembalikan ke versi biasanya. Tindakan ini akan membantu Anda sebagai pengguna dalam membuat tombol home kembali berfungsi dengan baik.

Aplikasi Pengganti Tombol Home Rusak

Tombol Home memiliki fungsi cukup penting. Namun ketika tombol ini tidak dapat kembali pada fungsi semula, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi bantuan.

Ada banyak aplikasi tersedia sebagai bantuan atau pengganti tombol home yang rusak. Berikut ini sejumlah aplikasi yang menjadi solusi apabila tombol home di HP Anda rusak.

Tombol home rusak bisa teratasi jika Anda menggunakan aplikasi Assistive Touch. Fitur dalam aplikasi ini cukup lengkap dan bisa berfungsi untuk menggantikan tombol home.

Anda bisa mendapatkan bantuan mulai dari tombol home, back, volume, dan lainnya yang berbentuk bola. Semuanya tersedia dalam tampilan yang mirip dengan pengguna iOS.

Dalam pengaplikasiannya, Anda hanya perlu menekan bola bantuan tersebut. Anda juga bisa mendapat beberapa fitur yang akan membantu ke mana saja. Aplikasi seperti ini bisa Anda unduh atau download melalui Google Playstore. 

Selain itu, ada aplikasi Home Button yang dikembangkan oleh nu-Kob. Jadi, apabila terjadi masalah tombol Home rusak, baik macet atau mati, Anda bisa menggunakan aplikasi Home Button satu ini.

Dalam aplikasi ini akan ditampilkan dengan warna sentuhan yang muncul ketika Anda mengetuknya. Posisi tombol ini berada di bagian bawah tengah layar. 

Hanya dengan satu sentuhan, Anda bisa menggunakan semua fitur di dalamnya. Anda juga bisa mengubah warna, ukuran, tinggi dan lebar, serta getaran dari tombol.

Ada pula aplikasi Multi-action Home Button. Aplikasi ini bisa Anda pakai terutama apabila pelindung layar HP Anda rusak sehingga berpengaruh pada kinerja tombol.

Aplikasi ini memunculkan tombol virtual yang berada di bagian tengah bawah layar HP, seperti tombol Home. Tentu fiturnya tidak hanya tombol Home. Anda bisa mengakses tombol back atau kembali dengan dua kali ketuk. Anda juga bisa mengakses tombol Recent Application bila diketuk dan ditahan agak lama.

Tombol home rusak dapat terjadi karena sistem bermasalah dan sibuk. Setelah mengetahui penyebab dan solusinya, Anda hanya perlu  melakukan tips yang sudah diberikan. Namun,  apabila tombol home masih tetap tidak bisa difungsikan, disarankan untuk membawa tempat service agar dilakukan penanganan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES