Tekno

Cara Mematikan Fitur Autocorrect di iPhone

Selasa, 30 November 2021 - 06:23 | 84.10k
Ilustrasi. Fitur Autocorrect di iPhone. (FOTO: iMore)
Ilustrasi. Fitur Autocorrect di iPhone. (FOTO: iMore)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat mengetik, fitur autocorrect di iPhone terkadang mengganggu. Mematikan fitur tersebut akan membantu bila merasa terganggu. 

Fitur Autocorrect di iPhone sama halnya yang terdapat pada perangkat Android. Fungsi fitur ini untuk membenarkan atau mengoreksi kata-kata yang salah ketik atau typo. 

Perlu diketahui juga, fitur autocorrect di iPhone biasanya hanya mendukung beberapa bahasa saja, salah satunya bahasa Inggris.

Apabila para pengguna iPhone melakukan kesalahan dalam mengetik suatu kata dalam Bahasa Inggris, maka kesalahan tersebut pun akan secara otomatis terkoreksi. Tentunya fitur Autocorrect di iPhone harus aktif.

Ketahui Fitur Autocorrect di iPhone
Para pengguna iPhone dimudahkan dengan kehadiran fitur Autocorrect, untuk keperluan pengetikan tulisan pada layar smartphone. Pada saat menulis kata-kata, seringkali terjadi kesalahan dalam pengetikan.

Ketika terjadi kesalahan dalam pengetikan, para pengguna tidak perlu menghapus kata yang salah. Hal ini justru dapat memperlambat dalam proses pembuatan tulisan. 

Masalah tersebut dapat diatasi dengan fitur bernama Autocorrect. Fitur ini dapat memahami dan mengoreksi tulisan apabila terdapat kesalahan ketik dalam kata tersebut. 

Cara kerja fitur Autocorrect adalah dengan membuat garis berwarna merah di bagian bawah teks. Pada umumnya, teks yang bergaris merah dianggap mempunyai kesalahan ejaan oleh sistem bahasa yang dibuat oleh iPhone.

Alasan Mematikan Fitur Autocorrect di iPhone
Bagi sebagian orang, keberadaan fitur Autocorrect justru dianggap mengganggu. Dengan demikian, mereka memilih untuk menonaktifkan atau mematikan fitur Autocorrect tersebut.

Salah satu alasan pengguna memilih menonaktifkan atau mematikan fitur Autocorrect di iPhone adalah adanya garis-garis merah di bawah teks yang terlalu mencolok serta mengganggu.

Seperti diketahui fitur Autocorrect baru mendukung untuk bahasa Inggris. Hal ini menjadi salah satu kendala dalam penerapan fitur Autocorrect di perangkat iPhone. Pasalnya, para pengguna gemar sekali menyingkat kata sehingga secara otomatis hasil koreksi pun akan muncul.

Fitur Autocorrect hanya dapat mengoreksi kesalahan pada bahasa baku. Dengan demikian, apabila para pengguna memakai kalimat yang sedang tren atau menyingkat kata, maka sistem akan secara otomatis mengoreksinya.

Hal tersebut membuat banyak kata tidak baku yang lazim digunakan oleh pengguna iPhone mengalami proses koreksi. Alih-alih memudahkan para pengguna dalam menulis pesan, kehadiran fitur Autocorrect di iPhone justru kerap menghambat pengetikan.

Kenapa begitu? Para pengguna harus berulang kali memastikan  kata yang telah mereka tulis memiliki kesalahan. Meskipun memang kata-kata yang mereka gunakan tidak sesuai dengan ejaan bahasa.

Akan tetapi, hal tersebut mereka lakukan dengan sengaja agar bahasa pesan lebih menarik. Dengan demikian, sebagian pengguna memilih untuk menonaktifkan atau mematikan fitur Autocorrect di iPhone yang mereka gunakan.

Cara Mematikan Fitur Autocorrect di iPhone
Beberapa langkah untuk menonaktifkan atau mematikan fitur Autocorrect pada perangkat iPhone, sebabagi berikut:

Pertama, melalui home screen iPhone, Anda masuk ke dalam menu pengaturan (setting) untuk menampilkan berbagai pilihan di dalamnya.

Kemudian, silakan Anda menggulirkan ke bawah hingga dapat melihat menu untuk Umum, ketuklah di atasnya. Lalu Anda akan dibawa pada layar berikutnya dari menu yang menampilkan pengaturan untuk cara kerja dasar perangkat iPhone Anda.

Langkah berikutnya untuk mematikan fitur Autocorrect di iPhone adalah Anda akan berada pada layar opsi General, lalu gulir ke bawah untuk menemukan pilihan Keyboard. Langkah ini memungkinkan bagi Anda untuk menyesuaikan preferensi pengetikan yang akan Anda lakukan.

Selanjutnya, di bawah tajuk All Keyboards, pilih opsi Auto-Correction. Saat fitur ini aktif, tombol akan berwarna hijau.

Kemudian, untuk mematikan atau menonaktifkan koreksi otomatis, maka klik tombol Auto-Correction sehingga tombol yang berada di sebelah kanan opsi berubah tidak berwarna hijau lagi.

Dengan mematikan fitur Autocorrect, perangkat iPhone Anda tidak  lagi memperbaiki kesalahan ketik yang Anda lakukan. Keputusan mematikan fitur autocorrect di iPhone bagus, terutama bagi orang berbicara dalam bahasa slang atau berbeda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES