Tekno

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Colokan Charger Bengkok

Rabu, 01 Desember 2021 - 12:31 | 1.36m
Ilustrasi charger HP. (FOTO: Unsplash)
Ilustrasi charger HP. (FOTO: Unsplash)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masalah yang sangat mungkin dialami oleh pengguna hp adalah colokan charger bengkok. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan pengguna ponsel itu sendiri. 

Masalah colokan charger bengkok dapat terjadi apabila Anda sudah terlalu sering mencolokkan serta mencabut charger dari port microUSB tersebut. Jika masalah ini dibiarkan, dapat menghambat pengisian daya pada baterai HP atau ponsel yang Anda gunakan.

Permasalahan Colokan Charger Bengkok
Salah satu komponen ponsel yang rentan mengalami kerusakan adalah charger HP. Para penggunanya tentu pernah mengalami masalah pada saat mengisis daya ponsel (charging) yang digunakan.

Kerap kali solusi atas masalah colokan charger bengkok adalah membeli yang baru. Cara ini yang banyak ditempuh. Padahal jika para pengguna mengetahui tips dan triknya, mereka dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada charger ponsel dengan mudah tanpa harus membeli perangkat charger baru.

Sebenarnya, masalah yang terjadi pada charger HP cukup beragam. Mulai dari pengisian yang terlalu lambat atau cepat hingga colokan charger bengkok. Penyebab terjadinya masalah tersebut pun banyak.

Konektor atau colokan charger berperanan penting pada perangkat ponsel. Konektor serta port charger adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Colokan Charger Bengkok
Umumnya semua jenis dan merek HP mempunyai port charger pada perangkat mereka. Port charger mempunyai fungsi utama sebagai media pengisian ulang daya baterai serta sebagai media untuk transfer dari HP ke laptop atau sebaliknya.

Namun port charger tidak dapat berfungsi tanpa adanya konektor charger. Konektor charger merupakan media penghubung antar HP dengan perangkat lainnya.

Salah satunya adalah adaptor charger. Adaptor charger memiliki fungsi untuk memberikan aliran listrik sehingga ponsel dapat charge.

Setelah memperoleh aliran listrik asal adaptor charger yang sudah tercolok stop kontak, selanjutnya konektor atau colokan charger dapat menjalankan fungsi sebagai pengalir listriknya dari adaptor menuju baterai HP. Kehadiran konektor atau colokan charger berguna untuk tahapan transfer daya ini.

Namun, konektor atau colokan charger ini juga bisa mengalami masalah. Salah satunya adalah mengalami bengkok. Kondisi ini tentu menghambat proses transfer daya ke baterai ponsel.

Seperti disampaikan sebelumnya, masalah colokan charger bengkok dapat terjadi karena penggunaannya yang sembarangan. Para pengguna sering mencolok dan mencabut charge dalam satu waktu yang sama.

Penyebab lainnya adalah kemungkinan ponsel pernah jatuh dalam keadaan masih tersambung dengan kabel charger.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengembalikan bentuk konektor atau colokan charger yang bengkok ke posisi semula. Jika ini tetap tidak mengatasi masalah, Anda dapat membawa charger Anda ke tempat perbaikan atau servis.

Masalah pada Colokan Charger
Colokan charger bengkok adalah masalah. Namun ada pula masalah lain yang kerap menimpa komponen ini. Ciri-ciri konektor bermasalah adalah tidak dapat mengisi daya sama sekali pada perangkat HP.

Saat kabel charger telah terpasang tidak terdapat tanda pengisian daya pada layar HP. Ciri lain yang dapat dikenali adalah charger mudah lepas dari HP pada saat tersenggol.

Salah satu masalah yang dapat terjadi pada konektor/colokan yaitu mudah lepas atau longgar. Cara mengatasi konektor HP yang longgar atau rusak adalah dengan memposisikan port charger bengkok atau miring. Hal ini perlu dilakukan apabila HP pernah terjatuh saat pengisian daya.

Anda dapat melakukan dengan memanfaatkan penjepit kertas, kemudian luruskan penjepit tersebut. Cari lubang bulat pada bagian samping konektor charger Anda, lalu masukkan klip kertas tersebut.

Selanjutnya, miringkan ke kiri atau ke kanan, atas, dan bawah untuk memosisikan konektor HP. Pastikan port charger berada tepat di tengah serta tidak miring. Lalu, Anda dapat mencabut klip kertas dan coba isi ulang daya baterai ponsel Anda.

Perlu diingat, masalah colokan charger bengkok akan menghambat proses pengisian baterai pada ponsel jika terus dibiarkan solusi. Apabila Anda masih ragu mengatasi colokan charger bengkok ini, Anda bisa menyerahkannya pada layanan servis atau perbaikan yang terpercaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES