Tekno

Kenalan dengan AirCar Klein Vision, Mobil Terbang Pertama di Dunia

Minggu, 06 Februari 2022 - 06:41 | 194.38k
AirCar dari Klein Visin siap mengudara di langit Slovakia. (Foto: Klein Vision)
AirCar dari Klein Visin siap mengudara di langit Slovakia. (Foto: Klein Vision)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Era teknologi mobil terbang sudah di mulai. Klein Vision, sebuah perusahaan yang berbasis di Slovakia kini baru saja mengantongi ijin kelaikan terbang. Ijin ini diberikan untuk produk mobil terbang mereka yang dberi nama AirCar.

Mobil terbang ini sudah digagas oleh Stefan Klein, pendiri sekaligus CEO Klein Vision sejak 20 tahun yang lalu. Dengan bantuan tim ahli Klein mampu menyelesaikan mobil tersebut dan menjajal kemampuan terbang mobil tersebut pertama kali di Nitra Airport Slovakia pada Oktober  2019 kemarin.

Setelah berhasil terbang, mobil tersebut menjalani inspeksi dan penyesuaian lebih lanjut. Hingga akhirnya kini kendaraan futuristic  ini mendapatkan ijin kalaikan terbang dari bbaru-baru ini dari Slovak Transport Authority. Hal ini menunjukkan bahwa mobil ini siap mengudara di wilayah langit Slovakia.

Untuk saat ini, AirCar tidak dibuat untuk terbang dalam jangka waktu yang lama. Prototype mobil terbang ini hanya mampu menempuh jarak maksimal hingga 1000 kilometer saja. Mobil terbang ini mampu menempuh kecepatan tertinggi hingga 300 km/h.

"Pemberian sertikat terhadap AirCar membuka peluang untuk produksi masal bagi mobil terbang yang efisien ini," ungkap Klein yang juga merupakan pilot pengendara percobaan untuk kendaraan canggih ini dalm press rilis yang diunggah laman website Klein Vision. 

Prototype Klein AirCar dibuat menggunakan mesin BMW dengan kekuatan 160 tenaga kuda. Sayapnya bisa dilipat dan dimasukkan ke badan mobil setelah mendarat, seperti layaknya pintu ke atas milik Ferrari. Diperlukan kurang dari 3 menit untuk merubah mobil ini dari model terbang ke model mobil jalan raya.

Setidaknya, 8 anggota tim ahli yang dikepalai oleh Klein bekerja selam lebih 100.000 jam untuk menyelesaikan mobil ini. Mobil ini mampu dikendarai 2 orang penumpang. Berat mobil ini mencapai 1000 kg dengan daya listrik 15 KW sebagai sumber bahan energi utamanya.

Tak hanya menciptakan AirCar, Klein Vision kini juga mengembangkan prototype untuk mobil yang mampu mengapung di air seperti kapal dan juga bisa berjalan di darat. Klein juga sedang meproduksi AirCar model baru yang diharapkan bisa mendapatkan ijin kelaikan terbang setidaknya dalam satu tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES