Tekno

Baterai Ponsel Cepat Habis? Coba Tips Menghemat Daya Ini

Sabtu, 12 Februari 2022 - 08:45 | 93.76k
Ilustrasi – Baterai handphone habis (foto: merdeka.com)
Ilustrasi – Baterai handphone habis (foto: merdeka.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Handphone atau ponsel (telepon seluler) memiliki peran penting di era digital saat ini. Mulai dari mengakses informasi, sebagai media komunikasi, berbelanja kebutuhan, dan berbagai fungsi lainnya.

Dengan banyaknya fungsi tersebut, kita seringkali tidak bisa lepas dari yang namanya handphone. Namun begitu, terdapat beberapa cara yang bisa membuat baterai handphone awet lebih lama. Simak yuk!

1. Gunakan charger original

Kualitas charger ori bawaan pabrik pasti sudah disesuaikan untuk bisa mengisi baterai dengan baik dan optimal. Lebih lanjut, menggunakan charger ori dinilai lebih aman. Penggunaan charger kw dinilai bisa beresiko merusak handphone, dan menurunkan kinerja baterai.  

2. Aktifkan mode pesawat (flight mode) ketika tidak sedang digunakan

Dengan mengaktifkan mode pesawat, maka beberapa fitur di handphone akan mati secara otomatis. Beberapa fitur yang mati di antaranya data seluler, bluetooth, layanan SMS dan telepon, dan sebagainya.

3. Gunakan dark mode atau kurangi kecerahan layar

Tingkat kecerahan layar di handphone akan mempengaruhi daya baterai. Oleh sebab itu, kurangi kecerahan layar atau aktifkan fitur dark mode jika sedang tidak digunakan.

4. Matikan layanan GPS

Layanan GPS berfungsi melacak lokasi secara real time. Jika fitur ini terus diaktifkan, maka fitur ini akan menguras daya baterai dan membuat handphone cepat panas.

5. Hindari penggunaan handphone hingga overheat

Penggunaan handphone secara terus menerus membuat temperaturnya semakin tinggi dan membuat efektivitas baterai menjadi turun. Usahakan jangan memakai handphone ketika sedang dicharge karena bisa menyebabkan overheat.   

6. Gunakan fitur power saving mode

Dengan diaktifkannya fitur satu ini, maka handphone akan memperpanjang daya baterai dengan mengurangi tingkat kecerahan layar, meminimalisir penggunaan CPU, dan mengurangi waktu timeout layar.

7. Menggunakan jaringan WiFi

Konsumsi data seluler yang terus menerus bisa menyebabkan baterai cepat habis, dan overheat. Oleh karena itu, penggunaan WiFi lebih disarankan ketimbang data seluler. Selain itu, anda juga bisa mengaktifkan mode pesawat sekaligus guna menghemat daya baterai.

8. Matikan fitur auto-download

Fitur ini berfungsi memperbarui aplikasi saat ada update-an terbaru dari pusat. Hal tersebut menyebabkan dapat menguras baterai hp dengan cepat.

9. Jangan gunakan handphone hingga low battery  

Jika terlalu sering menggunakan handphhone sampai 20% atau bahkan sampai 0% cepat membuat performa baterai menurun. Dengan demikian, usahakan charge handphone ketika sudah mencapai 20% agar siklus pengisian daya semakin awet dan tahan lama.

Itulah tips agar baterai ponsel awet yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES