Tekno

Lima Cara Mudah Screenshot di Laptop

Selasa, 01 Maret 2022 - 05:04 | 135.00k
Ilustrasi - Bermain laptop (Foto: argiaacademy.sch.id)
Ilustrasi - Bermain laptop (Foto: argiaacademy.sch.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda pengguna laptop? Pasti tidak asing lagi dengan kegiatan menangkap layar atau screenshot tampilan layar komputer.

Screenshot digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti: membagikan berita, merekam data, menyimpan suatu informasi, dan sebagainya. Namun pada realitanya, ternyata ada sebagian orang yang tidak paham bagaimana cara screenshot di laptop.

Untuk itu, berikut beberapa cara screenshot di laptop Windows 7, 8, sampai 10 dengan mudah dan praktis. Simak yuk!

1. Klik tombol PrtSc

Tombol PrtSc ini terletak pada sisi kanan atas keyboard anda. Anda hanya perlu memencet tombol tersebut satu kali. Tangkapan layar anda akan masuk secara otomatis dalam clipboard laptop. Kemudian pada langkah selanjutnya, buka aplikasi Paint dan tekan Ctrl+V. Maka, gambar anda akan tersalin. Pada tahap ini, anda bisa mengedit screenshot tadi seperti memotong gambar, dan lain-lain.

2. Klik tombol kombinasi Windows dan PrtSc  

Caranya, anda hanya perlu menekan tombol dengan logo Windows dan tombol PrtSc secara bersamaan. Tangkapan layar akan tersimpan otomatis di folder komputer anda pada file C:/Users/nama perangkat anda/Pictures/Screenshot.

3. Menggunakan Snipping Tool

Ketikkan aplikasi Snipping Tool pada kolom pencarian komputer anda. Kemudian setelah terbuka, terdapat 4 menu yang tampil. Klik New dan pilihlah Full Screen Snip. Setelah itu, gambar akan otomatis masuk Paint, anda pun hanya perlu menyimpan file seperti pada umumnya.

4. Memencet tombol Alt dan PrtSc

Sama seperti langkah pertama tadi, anda hanya perlu klik tombol Alt dan PrtSc secara bersamaan. Setelah anda klik, bukalah aplikasi Paint dan paste hasil tangkapan layar tadi.

5. Menggunakan aplikasi

Salah satu aplikasi penangkap layar yang paling banyak digunakan yakni PhotoScape. Cara screenshot menggunakan aplikasi ini yaitu bukalah tampilan layar yang ingin anda ambil, lalu bukalah aplikasi PhotoScape dan klik ikon screen capture. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti mengambil utuh satu layar, menangkap jendela, dan lain-lain. Setelah memilh, hasil tangkapan layar akan muncul dan anda juga bisa mengedit sesuka hati dan menyimpannya.

Bagaimana? Caranya sangat mudah dan praktis kan? Semoga beberapa cara screenshot di atas berguna ya! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES