Tekno

HP Anda Hilang Dicuri? Begini Cara Menguncinya dari Jarak Jauh dengan Mudah

Sabtu, 23 April 2022 - 10:52 | 338.03k
HP Anda Hilang Dicuri? Begini Cara Menguncinya dari Jarak Jauh dengan Mudah
Ilustrasi smartphone. (foto: dok TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Smartphone merupakan sebuah alat komunikasi yang hampir dimiliki semua orang. Selain fungsinya sebagai alat komunikasi, ternyata smartphone ini memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsi utama smartphone selain sebagai alat komunikasi adalah untuk mencari sebuah informasi. 

Nah, smartphone sendiri memang sudah banyak digunakan untuk kegiatan mencari informasi, karena dinilai sangat efisien dalam mencari sebuah informasi. 

Karena smartphone sendiri sangatlah enak untuk dibawa kemana-mana, mengingat benda ini bentuknya kecil untuk di genggam dan yang paling penting adalah menawarkan banyak fungsi sehingga bisa digunakan banyak orang. 

Bicara soal smartphone, memang smartphone zaman sekarang ini sudah dibekali dengan sistem keamanan yang sangat tinggi. 

Dari tahun ke tahun smartphone di desain untuk penggunanya yang ingin menjaga privasi keamanan dari smartphone tersebut. 

Jika zaman dulu, smartphone dibekali dengan fitur lock screen biasa dengan dipadukan dengan pin atau sandi, dan pola pada layar kunci, sehingga bisa membuat tingkat keamanan smartphone terjaga. Namun, di zaman serba modern dan canggih ini, rasanya tingkat keamanan pada smartphone masih tergolong rendah, pasalnya jika smartphone tersebut lupa menaruhnya atau bahkan hilang, akan membuat penggunanya kewalahan untuk mencari smartphone tersebut. 

Karena smartphone yang lupa dengan kata sandi, PIN, dan pola pada layar kunci smartphone ini masih bisa dibuka yaitu dengan cara di reset ke pengaturan pabrik atau factory reset. Tentu ini membuat tingkat keamanan pada smartphone tersebut sangatlah rendah, dan siapa pun bisa membuka kunci layar tersebut hanya dengan mereset smartphone tersebut ke pengaturan pabrik atau factory reset. Dan ini adalah kasus pada smartphone lawas atau jadul, tetapi jika ada upgrade versi OS atau UI pada smartphone lawas tersebut, mungkin tingkat otentifikasi atau kemanan semakin terjaga.

Nah, setelah kita membahas tentang otentifikasi keamanan smartphone di bagian data privasi. Sekarang kita akan membahas keamanan smartphone tingkat lanjutan tersebut. 

Pernahkah Anda atau pengguna yang mengalami smartphonen atau HP-nya lupa menaruhnya atau smartphone-nya jatuh tetapi tidak tau dimana, atau mungkin smartphone atau HP Anda bisa jadi di curi? 

Sebetulnya ada cara untuk melacak smartphone atau HP tersebut. Tetapi pada artikel kali ini tidak membahas tentang melacak smartphone. Namun, kali ini akan membahas tentang Cara Mengunci HP yang dicuri Dari Jarak Jauh. 

Sebenarnya smartphone tersebut belum tentu di curi, mungkin bisa jadi lupa menaruhnya. Dari pada panjang lebar silahkan disimak baik-baik tutorialnya yang kami kutip dari situs reliancerobopds.co.id.

Cara mengunci HP yang hilang Dicuri dari Jarak Jauh

1. Bukalah Android Device Manager

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengunci HP atau smartphone Android jarak jauh yaitu dengan menggunakan Android Device Manager. Android Device Manager ini merupakan fitur yang telah disediakan oleh Google yang berguna untuk membantu setiap pengguna smartphone Android untuk melacak, mengendalikan, serta mengambil data dari smartphone Android tersebut yang hilang. 

Di antara salah satu fungsi dari pengendalian yang disediakan oleh Android Device Manager ialah dapat mengunci HP atau smartphone Android dari jarak jauh. Nah, untuk pengguna yang ingin menggunakan Android Device Manager, bisa langsung mengaksesya pada perangkat PC maupun smartphone. Untuk linknya langsung saja ke https://www.google.com/android/find.

2. Masuk menggunakan akun Google smartphone tersebut.

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah login atau masuk ke akun Google sesuai dengan smartphone Android yang anda gunakan pada smartphone Android yang hendak anda tau pengguna kunci. Jika sudah berhasil login, maka secara otomatias akan muncul informasi tentang merek serta tipe smartphone tersebut atau smartphone Android yang hendak di kunci.

3. Kunci atau lock smartphone tersebut.

Setelah pengguna mendapatkan informasi tentang merek dan tipe smartphone Android tersebut sudah benar. Langkah selanjutnya, pengguna bisa langsung megunci atau Lock smartphone tersebut dengan mengeklik menu lock.

4. Masukkan kata sandi.

Jika sudah masuk ke menu LOCK, pengguna harus membuat kata sandi sesuai dengan yang pengguna inginkan. Selanjutnya akhiri dengan memilih atau mengeklik “LOCK” yang berada di bagian bawah.

5. Smartphone tersebut sudah berhasil dikunci.

Jika sudah mencoba langkah 1-4 dan sudah berhasil, maka secara otomatis akan muncul notifikasi yang menandakan bahwa smartphone tersebut berhasil di kunci (untuk info berhasilnya bisa langsung membaca notifikasi tersebut).

Nah, itulah cara mengunci HP yang dicuri dari jarak jauh. Pengguna HP atau smartphone bisa menggunakan cara diatas. Mungkin smartphone atau HP anda atau pengguna lupa taruh atau justru hilang. Namun perlu diingat bahwa, belum tentu HP anda atau pengguna dicuri orang atau justru mungkin HP anda jatuh karena kecerobohan anda sendiri. Untuk itu silahkan jaga smartphone dan barang-barang berharga Anda. Semoga bermanfaat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

KOPI TIMES